LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Manfaat Shalat Sunat IstiKharah, Menjadi Jembatan Komunikasi Kita dengan Allah

Sebagai seorang manusia adakalanya kita berada pada posisi bingung dengan suatu permasalahan. Baik itu bingung memilih, menetukan ataupun mengambil sebuah sikap, dan biasanya kebingungan tersebut bermuara dari ketidak tahuan akan apa yang terbaik untuk diri kita karena kita hanya seorang manusia.

Nabi Muhammad SAW sebagai panutan seluruh umat di akhir jaman telah mengajarkan kepada umatnya untuk menjadikan sabar dan Shalat sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah hidup yang dihadapi. Salah satu Shalat yang dapat menjebantani untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, Tuhan segenap alam dalam rangka mencari jawaban yang kita inginkan adalah dengan melakukan Shalat Sunat Istikharah.

  • Manfaat Shalat Sunat Istikharah

Istikharah dalam segi bahas berati sebagai minta diberi pilihan (dipilihkan). Sehingga  Shalat Sunat Istikharah berarti sebuah ibadah yang dilakukan untuk memohon petunjuk dalam memilih kepada Allah SWT. Pilihan yang ditunjukan oleh Allah SWT pastinya sudah pasti yang terbaik dari semua pilihan yang ada. Jika kita menyerahkan urusan kita kepada yang maha mengetahui, berarati kita telah yakin jika apa yang akan dipilihkan oleh Allah SWT merupakan hal yang terbaik bagi anda.

Manfaat Shalat Sunat Istikharah

Manfaat Shalat Sunat Istikharah

Namun ketika anda telah melakukan Shalat Sunah Isitikharah bukan berarati akan dijawab secara langsung atau secara jalas, terkadang jawaban yang anda inginkan disampaikan secara tersirat melalui beberapa hal seperti ketetapan hati, ataupun petunjuk – petunjuk lainnya. Anda harus dapat membaca makna dari segala sesuatu hal yang ada di sekitar anda dalam mencari jawaban dari persoalan yang sedang anda adukan.

Baca juga :Manfaat Berdzikir dalam Islam

Hal lain yang perlu anda mengerti adalah terkadang pilihan yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita, namun anda tak perlu takut karena Allah SWT maha mengetahui apa yang terbaik bagi kita baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

  • Tata Cara Shalat Sunat Istikharah

Nabi Muhammad SAW mengajarkan tata cara melaksanakan dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori R.A. Dari Hadist tersebut maka dapat diketahui bahwa Shalat Sunat Istikharah dilakukan layaknya Shalat fardu dengan jumlah dua rakaat, namun pastikan saat berniat dipanjatakan niat Shalat Sunat Istikharah.

Jika anda ingin melaksanakan Shalat sunat Istikharah yang lebih afdol anda dapat memanjatkan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, namun jika anda mengalami kesulitan dalam mengucapkannya anda dapat berdoa dengan bahasa yang anda kuasai, karena Allah SWT maha mengetahui sehingga mengetahui maksud dan tujuan yang anda maksud.

Namun selayaknya kita bertamu dan meminta pertolongan pada seseorang pastilah kita melakukannya dengan baik dan santun, begitupula jika kita ingin meminta bantuan Allah SWT maka mintalah dengan baik dan santun dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Manfaat Dan Keutamaan Sholat Tahajud

Itulah manfaat dan tata cara Shalat Sunat Istikharah yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan bisa kita amalkan dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.