Manfaat Priksa Gigi Rutin Saat Hamil

Banyak orang yang masih belum tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi selama kehamilan. Padahal, Anda juga pastinya sudah sadar bahwa selama hamil, seorang ibu akan mengalami banyak perubahan, baik itu perubahan fisik, hormonal maupun perilaku. Berbagai perubahan tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesehatan gigi dan mulut. Apalagi jika sebelumnya Anda sudah punya masalah dengan mulut dan gigi, kondisi ini bisa akan semakin parah.

Meskipun demikian, sebagian Ibu hamil lebih memprioritaskan perawatannya pada hal-hal khusus yang mengarah pada perawatan kulit dan payudara tanpa harus tahu bahwa perawatan lainnya seperti perawatan gigi juga penting untuk dipahami. Sebagai saran,   sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter gigi secara rutin saat hamil guna melakukan pencegahan dan perawatan sedini mungkin. Hal ini tentu saja memiliki banyak manfaat untuk keduanya. Beberapa diantaranya adalah berikut ini.

  1. Mencegah infeksi pada janin dalam kandungan

Menurut hasil penelitian dari Case Western Reserve University pada tahun 2010 diketahui bahwa gusi yang terinfeksi dapat menularkan infeksi tersebut  pada janin lewat  peredaran darah plasenta. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Fusobacterium nucleatum, kuman yang menginfeksi gusi ibu dalam tubuh janin dan  membuat keguguran.

Manfaat Priksa Gigi Rutin Saat Hamil

Manfaat Priksa Gigi Rutin Saat Hamil

Dengan mengonsultasikan diri ke dokter saat mengalami masalah seperti ini, hal yang tidak diinginkan seperti keguguran tadi bisa dihindari karena semakin dini memeriksakan diri, semakin mudah juga mencegah bahkan mengatasi suatu penyakit.

Baca juga : Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

  1. Mengindari peradangan pada gusi serta gigi sensitif

Pada ibu hamil, meningkatnya resiko pembengakan dan pendarahan gusi terjadi karena jaringan di daerah gusi menjadi lunak akibat dari peningkatan hormone. Pada kasus ini kadang timbul benjolan-benjolan seperti bengkak dan berwarna merah pada gusi.

Perbedaannya dengan peradangan gusi pada wanita normal, peradangan pada Ibu hamil lebih parah meskipun plak yang menempel pada gusi jumlahnya sama. Hal ini terjadi karena selama hamil histamine dan enzim proteolitik akan lepas akibat dari naiknya kadar esterogen dan progesteron di dalam tubuh. Karena inilah mengapa saat kehamilan, respon peradangan gusi juga meningkat.

  1. Mencegah sariawan dan bau mulut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selama kehamilan akan terjadi banyak perubahan hormon baik itu estrogen maupun progesteron. Dampak dari perubahan hormon ini bisa mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

Contohnya saja ibu hamil pada trimester pertama biasanya sering muntah dan memiliki kelebihan air liur. Kondisi seperti ini bila tidak ditangani dengan cepat dan benar bisa membuat kuman serta bakteri mudah tumbuh yang pada akhirnya  menyebabkan sariawan dan bau mulut pada rogga mulut itu sendiri.

Baca juga : Beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Sehat

Dari uraian di atas, tentu Anda sudah tahu bahwa perawatan gigi dan mulut merupakan hal penting yang harus dilakukan ibu hamil. Karenanya, bagi Anda pasangan yang merencanakan kehamilan, sangat disarankan untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi ke dokter secara rutin guna meningkatkan kualitas kehamilan dan kenyamanan bagi calon ibu dan bayi Anda.

Leave a Reply