LiburanLiburan Asik !!

Manfaat Positif Mandi Air Dingin di Pagi Hari yang Wajib Anda Tahu

Udara pagi yang dingin mungkin saja kerap membuat Anda ogah-ogahan untuk mandi. Kalaupun harus mandi, maka biasanya Anda lebih tertarik menggunakan air hangat. Namun tahukah Anda, jika faktanya Manfaat Positif Mandi Air Dingin di Pagi Hari sangat melimpah untuk kesehatan yang Wajib Anda Tahu?

Manfaat Positif Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Mandi dengan air hangat memang asyik dan terasa nyaman. Ketika air hangat kali pertama menyentuh kulit di pagi hari, maka sentuhan itu membuat Anda merasa rileks. Akan berbeda bila yang dipakai air dingin. Guyaran air dingin bisa membuat Anda mencak-mencak. Namun apapun reaksi Anda, rupanya air dingin memiliki banyak manfaat yag baik untuk kesehatan. Nah, berikut manfaat mandi air dingin di pagi hari untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

  • Tambah Energi Setiap Hari

Saat kulit bersentuhan dengan air dingin, tubuh merespon dengan napas panjang sehingga asupan oksigen meningkat. Hal itu membuat detak jantung meningkat dan memompa cepat darah ke seluruh tubuh. Proses inilah yang membuat energi sepanjang hari.

Manfaat Positif Mandi Air Dingin di Pagi Hari
Manfaat Positif Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Tingkat kewaspadaan juga meningkat karena suhu dingin. Dampaknya otak memproduksi hormon norepinefrin, sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran untuk waspada. Jadi tak heran jika bangun pagi dan mandi dengan air dingin bisa membuat semangat. Apalagi bila di hari itu sedang ada ujian atau meeting penting dengan klien.

  • Jaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Mandi dengan air dingin dapat mengencangkan pori-pori hingga kotoran tidak mudah masuk dan mengendap. Mandi pagi juga seperti proses detoksifikasi yang bermanfaat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Kardondioksida yang tersedia di pagi hari membuat kulit tetap lembab dan segar.

Baca juga : Sejuta Manfaat Berhijab, Berdasarkan Penelitian Medis

Sedang, air dingin juga bermanfaat untuk rambut. Mahkota Anda menjadi lebih bersinar, sehat dan kuat. Bila memiliki kebiasaan keramas menggunakan kondisioner, maka air dingin tidak akan mengurangi kandungan pelembap pada kondisioner.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengungkapkan bahwa mandi air dingin secara rutin dapat meningkatkan sel darah putih. Hal ini akan baik untuk kesehatan karena dapat memerangi bibit penyakit. Mandi air dingin terbukti ampuh meningkatkan metabolism dan mempertebal sistem imun.

  • Meningkatkan Hormon Testoteton dan Kesuburan

Sebuah penelitian terbaru diketahui fakta bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan kadar testoteron. Selain itu mandi air dingin juga bisa meningkatkan kesuburan, sebab mandi air dingin dianggap mampu membuat sperma melimpah.

  • Menurunkan Berat Badan

Mungkin Anda penasaran, kok bisa air dingin menurunkan berat badan? Begini penjelasannya. Pada tubuh manusia terdapat dua lemak, yaitu lemak putih dan lemak cokelat. Lemak putih berasal dari kalori yang menumpuk. Sedang lemak cokelat adalah zat baik yang digunakan untuk menghasilkan panas agar tubuh tetap hangat. Lemak jenis inilah yang terbakar ketika tubuh terkena suhu dingin.

Seseorang di tahun 2009 pernah sukses mengurangi berat badan hingga 5 kg karena rutin mandi air dingin di pagi hari selama setahun.

  • Jauh dari Rematik

Untuk siapapun yang memang menghindari rematik, bisa menggunakan terapi mandi air dingin di pagi hari. Hal ini dikarenakan mandi air dingin memiliki kandungan karbondioksida yang ringgi dan berguna untuk melawan rematik.

Baca juga : Menilik Sejuta Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Itulah poin-poin manfaat mandi air dingin di pagi hari yang baik untuk kesehatan. Jangan terkecoh dengan sentuhan air dingin yang membuat tidak nyaman, tapi lihat kembali manfaat di balik penggunaan. Bila Anda rutin melakukan ritual ini di pagi hari, tentu saja badan Anda akan bugar dan siap menjalani aktivitas seharian. Selamat beraktivitas!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.