LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

Sebagai satu keluarga yang tinggal di dalam rumah bersama, komunikasi menjadi salah satu kunci penentu keharmonisan keluarga. Dengan komunikasi yang baik dan komitmen untuk berterus terang tentu akan lebih mudah untuk memecahkan suatu masalah.

Bukan hanya komunikasi antar orang tua, anak pun hendaknya dibiasakan untuk berkomunikasi secara intensif. Ini perlu untuk perkembangan anak mengingat kita adalah makhluk sosial yang sangat membutuhkan orang lain.

Tak hanya mengajarkan anak untuk terbuka, orang tua juga sebaiknya senantiasa mendengarkan cerita ataupun keluhan sang anak. Sehingga anak pun tidak enggan lagi untuk menyampaikan keluh kesahnya dan anak bisa terhindar dari melakukan hal-hal negatif untuk melampiaskan apa yang dipendamnya.

Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

Selain itu, masih ada manfaat lain yang akan didapatkan jika orang tua mau mendengarkan keluhan anak. Dan berikut ini ulasan lengkapnya.

5 Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak :

  • Mengerti Apa Kelebihan dan Kekurangan Anak

Di dalam cerita ataupun keluhan anak orang tua juga pasti akan menemukan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh anak. Ini adalah salah satu manfaat yang akan didapatkan jika orang tua mau mendengarkan keluhan anak.

Dengan mengerti apa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki anak, akan memudahkan orang tua untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki anak serta serta menanamkan nilai positif pada diri anak.

  • Memberikan Rasa Aman pada Anak

Mendengarkan keluhan anak juga akan memberikan rasa aman pada anak, sehingga anak juga akan merasa terlindungi. Apalagi jika proses mendengarkan itu juga disertai dengan pemberian solusi setelahnya. Tentu ini akan memberikan rasa aman yang lebih pada anak.

  • Bisa Memantau Perkembangan Anak

Memantau perkembangan anak adalah salah satu hal penting yang juga harus dilakukan oleh orang tua. Selain dengan menjaga anak agar tidak melakukan hal-hal yang buruk atau negatif, memantau perkembangan anak juga bisa dilakukan dengan jalan mendengarkan keluhan anak.

  • Mendapatkan Kepercayaan dari Anak

Saat anak masih kecil mungkin kepercayaan anak tidak terlalu penting, namun berbeda halnya ketika anak sudah dewasa. Untuk mendapatkan kepercayaan dari anak ini bisa dilakukan dengan jalan mendengarkan keluhan sang anak agar anak merasa nyaman curhat pada orang tua.

  • Meminimalisir Tantrum pada Anak

Mendengarkan keluhan anak sudah pasti bisa mengurangi tantrum pada anak, yaitu suatu kondisi dimana anak meluapkan emosinya secara besar-besaran yang biasanya muncul karena rasa tidak puas akan keinginannya yang tidak terpenuhi atau tidak bisa tersampaikan pada orang tua.

Tentu ini adalah kondisi yang mengkhawatirkan jika hal ini sampai terjadi. Dengan mendengarkan keluhan anak, tentu orang tua akan paham dengan apa yang dimaksud anak sehingga kondisi tersebut dapat diminimalisir.

Nah, itulah 5 manfaat yang akan didapatkan orang tua jika orang tua mau mendengarkan keluhan dari anak. Semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.