Manfaat Mendengar Musik Klasik Untuk Janin dan Ibu Hamil

KeluargaSamawa.com – Mendengarkan musik adalah suatu kegiatan yang cukup menyenangkan. Dengan mendengarkan alunan lagu ini dapat membantu kita mengurangi stress. Dan tahukah anda bahwa faktanya musik klasik sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janinnya. Nah, apa saja manfaat mendengar musik klasik untuk janin dan ibu hamil ?

  • Membantu mengurangi stress pada ibu hamil

Ketika hamil, ibu mengalami banyak sekali perubahan baik secara fisik, hormonal maupun mental. Ibu yang sedang hamil juga cenderung sensitif akan berbagai hal. Dengan mendengarkan alunan musik klasik yang memiliki ritme dan harmoni yang lembut dapat mengurangi stress atau tekanan pada ibu hamil. Itu manfaat mendengar musik klasik untuk janin dan ibu hamil yang pertama.

Baca juga : Tanda-tanda Hamil Muda

  • Membantu bayi lebih aktif

Musik klasik memiliki ritme yang hampir sama dengan detak jantung ibu. Saat mendengarkan musik klasik syaraf motoric janin akan bekerja lebih aktif. Otomatis hal ini berdampak pada gerakan janin yang lebih aktif. Manfaat mendengarkan music klasik ini juga terlihat ketika bayi sudah dilahirkan. Bayi yang selama dikandungannya terbiasa mendengarkan musik klasik cenderung lebih aktif dibanding bayi yang tidak.

  • Mencerdaskan otak janin

Musik klasik ternyata dapat memicu perkembangan otak kiri dan juga otak kanan bayi. Otak kiri memiliki kemampuan pengulangan, pergantian, perbandingan dan penentuan nilai secara logika. Sedangkan otak kanan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, kesenian maupun kemampuan berekspresi.

Masa yang tepat untuk mencerdaskan otak bayi adalah ketika masih didalam kandungan. Karena ketika masih didalam kandungan, otak sedang mengalami masa pembentukan jadi sangat tepat untuk menerima berbagai stimulasi positif.

Baca juga : 7 Manfaat Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong

Manfaat mendengar musik klasik untuk janin dan ibu hamil

Manfaat mendengar musik klasik untuk janin dan ibu hamil

  • Membentuk kepribadian

Mendengarkan musik ternyata dapat mempengaruhi kepribadian janin anda. jika music yang dengarkan adalah music dengan irama slow atau kalem, maka buah hati anda akan memiliki kepribadian yang tenang dan kalem. Namun, jika music yang anda dengarkan lagu dengan ritme bersemangat maka buah hati anda juga akan memiliki kepribadian yang ceria, energik dan aktif.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Mungkin manfaat yang satu ini menurut anda, agak kurang nyambung dengan masalah musik klasik. Namun tahukah anda, ketika anda mendengarkan suatu aliran music yang dapat membuat anda senang dan nyaman maka secara otomatis tubuh anda akan mengeluarkan hormone yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Membantu bayi berkomunikasi

janin yang terbiasa mendengarkan musik klasik, akan menjadikan segala macam hal yang didengarkannya menjadi suatu informasi. Apalagi jika hal itu dilakukan berulang-ulang. Ketika ia dilahirkan, ia akan mempelajari ucapan ibu ataupun orang-orang yang berkomunikasi dengan mereka. Tak jarang bayi juga belajar bagaimana cara merespon.

Baca juga : Beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Sehat

Tanpa disadari, ternyata banyak sekali ya manfaat mendengar musik klasik untuk janin dan ibu hamil. Jadi jangan ragu untuk mulai terapi ini ketika kandungan anda memasuki usia trimester kedua. Namun tidak mengapa jika ibu ingin memulainya sejak trimester pertama karena mendengarkan music klasik juga bisa mengurangi stress pada ibu hamil.

Leave a Reply