LiburanLiburan Asik !!

Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an

Sebagai kitab suci umat Islam, Al-Qur’an merupakan petunjuk yang hendaknya dijadikan pedoman bagi setiap muslim disamping hadits. Ketika membaca Al-Qur’an dianjurkan untuk tartil, tidak tergesa-gesa dan menggunakan tajwid yang benar.

Membaca Al-Qur’an adalah ibadah, namun mendengarkannya juga akan diberi pahala. Selain mendapatkan pahala, membaca dan mendengarkan bacaan ayat Al-Qur’an juga bisa mendatangkan manfaat yang lainnya.

Nah, berikut ini adalah manfaat lain dari membaca dan mendengarkan bacaan ayat Al-Qur’an,

A. Manfaat Membaca Al-Quran :

  • Pembaca Al-Qur’an akan Mendapatkan Syafaat

Syafaat adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh muslim untuk mendapatkannya kelak di akhirat. Inilah manfaat dari membaca alqur’an yang pertama, yakni akan memberi syafaat kepada pembacanya.

  • Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Karena membaca Al-Qur’an bernilai ibadah, otomatis pembacanya pun akan mendapatkan pahala.

Namun pahala yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an inipun tidak main-main, karena berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud ra. bahwasanya rasul telah bersabda bahwasanya orang yang membaca Al-Qur’an sebanyak 1 huruf akan mendapatkan 1 kebaikan dimana 1 kebaikan tersebut masih dilipatgandakan dengan 10 pahala.

Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an
Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an
  • Al-Qur’an dapat Menyembuhkan Penyakit atas Izin Allah

Sesuai dengan nama lain dari Al-Qur’an yaitu asy-syifa yang artinya menyembuhkan, membaca Al-Qur’an juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dengan izin Allah tentunya. Dan inipun sudah dibuktikan secara ilmiah.

Tak hanya mampu menyembuhkan sakit fisik, membaca Al-Qur’an juga mampu menghalau perasaan tidak tenang dan perasaan mengganggu yang lainnya dari dalam hati.

  • Al-Qur’an adalah Perhiasan Ahlul Iman

Al-Qur’an ini juga merupakan salah satu identitas seorang mukmin, yang tidak seharusnya hanya dijadikan pajangan saja, karena membaca Al-Qur’an sama sekali tidak membuang-buang waktu. Sebaliknya, membaca Al-Qur’an akan mendatangkan kebaikan.

B. Manfaat Mendengarkan Al-Qur’an

  • Berpengaruh Positif Terhadap Psikologi

Manfaat yang pertama ini sudah dilakukan berdasarkan penelitian di Florida yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al-Qadhi. Beliau melakukan penelitian terhadap 3 kelompok orang. Kelompok yang pertama adalah kelompok muslim yang paham bahasa Arab.

Kelompok yang kedua adalah orang muslim yang tidak bisa bahasa arab dan kelompok yang ketiga adalah non-muslim. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwasanya mereka menunjukkan adanya perubahan fisiologis yang positif, seperti depresi.

  • Berpengaruh Positif Terhadap Kesehatan Organ

Manfaat yang kedua ini juga didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmed E. Al-Qazi. Penelitian yang beliau lakukan menunjukkan hasil bahwa selama mendengar bacaan ayat Al-Qur’an, ketegangan otot tubuh menurun dan detak jantung juga menjadi normal.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dalam Islam

Alangkah luar biasanya Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an, Yang kami uraikan di atas itu hanyalah sekelumit saja dari sekian banyak manfaat lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.