LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Manfaat Melatih Anak Berpuasa Ramadhan

Keluargasamawa.com- Bulan Ramadhan yang kita nanti-nantikan sebentar lagi akan tiba, bulan Ramadhan bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Dimana bulan bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia melakukan ibadah Puasa wajib bagi orang dewasa dan mampu (berkeupayaan untuk mengerjakannya). Bagaimana dengan Anak-anak ?Puasa bagi anak-anak memang belum diwajibkan sampai mereka tumbuh baliq/dewasa. Namun tidak ada salahnya jika anak sudah diperkenalkan dan dilatih untuk berpuasa dibulan Ramadhan sejak kecil ketika memasuki bangku sekolah dasar, akan tetapi latihan berpuasa tidak boleh dipaksakan harus full karena masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dimana kebutuhan asupan gizi harus terpenuhi, tetapi sekuatnya dan semampunya terlebih dahulu atau biasa disebut puasa beduk.Puasa beduk jika beduk dzuhur sikecil sudah tidak kuat lagi, maka sikecil diperbolehkan makan dan minum, namun nanti setelahnya anak disuruh berpuasa lagi sampai maghrib tiba.

Manfaat Melatih Anak Berpuasa Ramadhan
Selain anfaat puasa baik untuk kesehatan yaitu waktu bagi organ pencernaan tubuh kita beristirahat setelah lama bekerja terus menerus selama 11 bulan.
Berikut beberapa manfaat melatih anak berpuasa Ramadhan :
  • Melatih kedisiplinan pada anak, dengan berpuasa maka anak akan belajar berdisiplin waktu untuk makan dengan teratur. Serta mengajarkan untuk berdisiplin waktu bangun pagi untuk makan sahur.
  • Melatih kesabaran, dengan puasa melatih kesabaran anak untuk bisa menahan rasa lapar dan haus.  Meskipun memang jika sudah tidak sanggup/kuat sebaiknya tidak  dipaksakan biarkan saja sianak untuk makan dan kemudian usahan diarahkan melanjutkan lagi puasanya.
  • Mengurangi jajan pada anak. Masa anak memang suka dengan jajan dengan berpuasa anak-anak lebih terkendalikan dari jajanan yang  kurang baik untuk kesehatan sikecil.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.