LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Manusia

Puasa merupakan salah satu ibadah yang harus dan wajib dijalankan oleh seorang muslim pada bulan Ramadhan. Berbeda dengan jenis ibadah lainnya, ibadah puasa merupakan ibadah yang ditujukan khusus bagi Allah SWT, karena dalam melakukan ibadah yang satu ini kita dituntut kejujuran dan keihlasan yang cukup besar.

Tata cara dalam melakukan ibadah puasa adalah dengan manahan makan, minum, dan segala hal yang akan membatalkan puasa anda dari sejak terbitnya fajar yang ditandai dengan adzan subuh hingga terbenamnya matahari yang ditandai dengan dikumandangkannya adzan magrib. Karena tata caranya tersebut ibadah puasa memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh orang yang menjalankannya, berikut adalah beberapa manfaat tersebut :

Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Manusia :

  1. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Organ pencernaan kerap menjadi salah satu sumber penyakit yang diderita oleh seseorang, salah satu penyakit yang hampir di derita oleh setiap orang adalah penyakit maag. Penyakit ini biasanya menyerang lambung.

Sebagain orang beranggapan bahwa jika kita berpuasa maka akan memperparah penyakit maag yang kita derita karena tidak melakukan aktifitas makan dan minum sepanjang hari, namun anggapan tersebut salah karena sebenarnya dengan berpuasa ritme makan dan minum yang kita lakukan menjadi lebih teratur sehingga penyakit maag kita lambat laun akan membaik.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang ada di dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring setiap zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Selain dari itu ginjal merupakan organ yang ireversible, atau dengan kata lain jika terjadi kerusakan maka tidak dapat dipulihkan kembali. Oleh karena itu menjaga kesehatan ginjal menjad hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat Ibadah Puasa

Manfaat Ibadah Puasa

Puasa merupakan salah satu cara ampuh yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, hal ini dikarenakan dengan berpuasa kita akan dapat mengontrol asupan air yang masuk kedalam tubuh dan menjadikan kinerja ginjal lebih optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang bekerja dalam sebuah sistem, kerja jantung tidaklah sendiri ai akan berkaitan dengan organ lainnya terutama darah. Sehingga keadaan darah dapat mempengaruhi kerja jantung seorang manusia.

Sedangkan darah sangat erat kaitannya dengan apa yang dikonsumsi dalam keseharian, jika kita banyak mengkonsumsi makan berlemak maka akan meningkatkan kadar lemak jahat dan kolesterol yang dikandung oleh darah, dan hal ini akan berdampak pada jantung anda.

Sehingga puasa menjadi salah satu solusi nyata untuk menjaga kesahatan jantung selain dengan berolehraga. Karena dengan melakukan ibadah puasa asupan makanan pada tubuh akan terkontrol dengan baik, sehingga mengurangi resiko kelebihan kolesterol dan lemak yang akan menggangu kesehatan jantung anda.

Begitu habatnya manfaat yang dapat diberikan oleh ibadah puasa, selain mandapatkan pahala kita juga akan mendapatkan tubuh yang sehat. Maka tunggu apa lagi untuk berpuasa pada bulan Ramadhan yang tinggal beberapa bulan lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.