LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Manfaat Berdzikir dalam Islam

Dzikir ini banyak dilakukan setelah seseorang selesai sholat yang kemudian disambung dengan doa. Dzikir bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan meditasi pada agama-agama lain, baik teknik maupun efek yang akan ditimbulkannya.

Dzikir memang memiliki manfaat yang luar biasa yang tidak hanya mempengaruhi perkembangan rohani tetapi juga mempengaruhi kondisi fisik. Hal inipun diperkuat dengan berbagai fakta yang membuktikan manfaat dari berdzikir ini.

Dan berikut ini adalah ulasan lengkap, tentang manfaat berdzikir dalam agama Islam.

  • Menenangkan Hati

Ini adalah manfaat dzikir yang pertama, yakni mampu menenangkan hati. Memang Anda bisa mengatasi berbagai problema hati dengan cara lain, misalnya mendengarkan musik, olahraga, jalan-jalan, refresing ataupun yang lainnya. Tetapi perlu diingat, ketenangan yang akan Anda dapatkan dari semua itu bukanlah ketenangan yang hakiki. Berbeda dengan dzikir. Dzikir ini akan senantiasa memberikan rasa tenang di hati orang-orang yang melakukannya.

  • Mengatasi Problem Pasikologis

Selain mampu menenangkan hati, berdzikir juga mampu mengatasi problem psikologis yang dialami oleh seseorang. Seperti stress dan galau misalnya. Kita sebenarnya tidak perlu jauh-jauh mencari obat stress dan galau karena dengan berdzikir pasti akan mampu untuk mengurangi stress.

Dzikir ini juga merupakan terapi psikistrik yang lebih tinggi dibandingkan psikoterapi biasanya. Mengapa? Karena di dalam dzikir terdaoat unsur spiritual yang mampu membangkitkan rasa percaya diri dan harapan sehingga juga mempercepat proses penyembuhan seseorang yang tengah sakit.

  • Akan diberikan Keberuntungan

Dalam firman-Nya, dalam surah al Anfaal ayat 45, Allah sudah menegaskan bahwa seorang hamba yang ingin beruntung hendaknya perbanyak berdzikir kepada-Nya. Tentu ini adalah manfaat yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja.

  • Mendapatkan Ampunan dan Mendapatkan Pahala yang Besar

Ini adalah keutamaan dari dzikir yang sangat luar biasa lainnya. Dengan berdzikir, dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya akan diampuni dan malah akan diberikan ganjaran berupa pahala yang amat besar.

Manfaat Berdzikir dalam Islam

Manfaat Berdzikir dalam Islam

  • Akan diingat Oleh Allah

Dengan kita berdzikir, tentu kita akan senantiasa dengan Sang Pencipta langit dan bumi serta seluruh isinya. Dan sangat tidak mungkin Allah tidak mengingat kita, sebaliknya Allah akan senantiasa mengingat hamba-Nya yang selalu berdzikir kepada-Nya.

  • Kehidupannya akan disertai dengan Kebaikan

Jika kita memperhatikan kehidupan orang yang senantiasa berdzikir, tentu kita akan takjub dengan kehidupan orang tersebut. Bagaimana tidak, karena kehidupan orang yang senantiasa berdzikir akan selalu disertai dengan kebaikan dan ketenangan.

  • Menjadi Pembeda Orang Munafik dengan Orang Mukmin

Antara orang munafik dengan orang mukmin yang sesungguhnya sering sulit untuk dibedakan. Namun dengan dzikir, akan tampak jelas perbedaan diantara keduanya. Dzikir ini menjadi salah satu bukti orang mukmin yang sesungguhnya karena orang munafik enggan untuk melakukannya.

Itulah manfaat yang luar biasa dari dzikir. Dengan banyaknya manfaat yang akan kita dapatkan jika kita melakukan dzikir, tentu sangat sayang rasanya jika kita mengabaikannya bukan?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.