Makna 5 Rukun Islam yang Wajib Kita Ketahui

Makna 5 rukun Islam – Rukun Islam atau yang dalam Bahasa Arabnya disebut sebagai arkan al-islam atau arkan al din ini artinya adalah pokok ajaran agama Islam. Karena merupakan pokok ajaran agama islam, rukun islam juga bisa diartikan sebagai pilar agama. Dan sebagai pilar agama, sudah pasti seorang muslim wajib untuk mengetahui serta menjalankan dan mengamalkannya.

Nah, sebagai muslim pastinya kita tahu jika rukun Islam ada 5. Dan dalam ulasan kali ini kami telah merangkum makna 5 rukun islam tersebut. Silahkan disimak.

  • 1. Syahadat

Syahadat adalah rukun Islam pertama yang harus diucapkan dan merupakan kalimat pernyataan yang menjadi bukti bahwa seseorang beriman kepada Allah swt dan Rasulullah SAW. Sejatinya syahadat ini juga biasa diucapkan oleh orang yang masuk islam pertama kali.

Nah, untuk seseorang yang masuk islam seperti ini, syahadat tidak cukup hanya dengan melafalkannya saja, tetapi harus membenarkan hati kemudian mengamalkannya melalui perbuatan.

Makna 5 rukun Islam

Makna 5 rukun Islam

  • 2. Sholat

Sholat adalah rukun Islam yang kedua dan merupakan ibadah wajib yang sangat ditekankan untuk dilakukan. Sholat jika diartikan secara bahasa berarti doa namun jika diartikan secara istilah, maka sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan baik dengan ucapan maupun perbuatan yang diawali oleh takbir lalu diakhiri dengan salam.

Nah, agar sholat yang dilakukan seorang muslim ini sah, maka dia harus memenuhi syarat wajib sholat, antara lain berakal sehat, sadar, baligh, serta suci baik dari hadats kecil maupun hadats besar.

Selain itu, sholat ini dilaksanakan sebanyak lima kali setiap harinya, dimana masing-masing namanya adalah sholat shubuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib dan sholat isya.

Baca juga : Tips Yang Benar Dalam Mengajari Anak Sholat Menurut Tahapan Umurnya

  • 3. Puasa

Puasa adalah ibadah yang juga wajib dilaksanakan oleh umat muslim sebagai bentuk ketakwaannya kepada Allah swt. Puasa yang dimaksud disini adalah puasa di bulan Ramadhan, dimana di bulan ini seorang muslim harus menahan hawa nafsu, keinginannya untuk makan dan keinginannya untuk minum serta hasrat untuk melakukan dosa seperti bergosip, berbohong, mencuri dan perbuatan tercela lainnya yang dimulai dari terbitnya fajar hingg terbenamnya matahari.

Baca juga : Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Manusia

  • 4. Zakat

Selanjutnya rukun islam yang keempat, yakni zakat. Zakat adalah harta tertentu yang harus dikeluarkan oleh umat islam yang kemudian akan diberikan kepada orang lain yang berhak untuk menerimanya.

Zakat ini juga merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan dan terdiri dari dua jenis, yakni

  1. zakat maal yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim yang dimilikinya yang meliputi hasil ternak, emas, perak, harta temuan, hasil pertanian, hasil laut, pertambangan serta perniagaan
  2. zakat fitrah yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim saat menjelang hara raya Idul Fitri berupa makanan pokok sesuai dengan daerah yang ditinggalinya.

Baca juga : Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat Kelak

  • 5. Haji

Rukun Islam yang terakhir adalah haji. Ibadah ini juga wajib dilakukan oleh orang muslim sekali dalam hidupnya, dengan catatan jika orang tersebut mampu untuk melakukannya.

Nah, itulah diatas makna 5 rukun islam yang sebagai muslim seharusnya kita memahaminya.

Leave a Reply