Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Sebaiknya Dikurangi

0
11

Artikel kali ini akan membahas tentang makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan sebaiknya dikurangi. Kolesterol merupakan lemak yang terdapat dalam darah dan dibutuhkan untuk fungsi membran sel dan memproduksi hormon. Konsumsi beragam makanan dengan kandungan kolesterol tinggi secara berlebihan dapat memperbesar resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Sebaiknya Dikurangi
Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Sebaiknya Dikurangi

 

Nilai kolesterol pada makanan yang diperlukan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) sebanyak 300 mg. Nah berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan tak boleh sering dikonsumsi.

  1. Kuning telur

Kadar kolesterol yang dimiliki cukup tinggi yaitu 1.234 mg tiap 100 gram porsinya, atau sekitar 411% dari jumlah harian yang dianjurkan.

  1. Kaviar

Makanan yang diolah dari telur ikan ini memiliki kadar kolesterol 588 mg tiap 100 gram, atau 196% dari AKG.

  1. Jeroan hati

Kolesterol sendiri diproduksi dalam hati, jadi wajar jeroan hati ini memiliki kandungan kolesterol tinggi sekitar 564 mg tiap 100 gram, atau 188% dari AKG.

  1. Mentega

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan sebaiknya dikurangi berikutnya adalah mentega dan olahannya seperti roti, kue, dan biskuit. 100 gram mentega memiliki kandungan 215 mg kolesterol atau 72% dari AKG.

  1. Udang

Setiap 100 gram udang memiliki kandungan 195 mg kolesterol, atau 65% dari AKG.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji diantaranya cheese burger, kentang goreng, shake termasuk makanan tinggi kolesterol. Untuk 1 cheese burger memiliki kandungan 100 mg kolesterol, atau 33% dari AKG.

  1. Es krim

Untuk Anda yang menyukai es krim sebagai pencuci mulut akan lebih baik bila Anda menggantinya dengan es buah yang segar. Sebab buah segar tinggi kandungan serat, vitamin, dan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta rendah kalori.

  1. Daging olahan

Kandungan kolesterol dalam daging bergantung pada cara mengolahnya dan juga bahan yang dipakai, seperti minyak dan saus. Untuk daging mentah, daging itik dan domba memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi.

  1. Ayam goreng

Walau daging ayam terkadang dianggap sebagai daging pilihan rendah lemak dan kolesterol, namun lagi-lagi cara pengolahan dapat menjadikan bahan makanan ini menjadi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan sebaiknya dikurangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.