Makanan Yang Baik Untuk Mengurangi Kolesterol Darah

0
8

Makanan yang baik untuk mengurangi kolesterol darah bisa menjadi salah satu kunci untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebenarnya kolesterol dapat ditemukan di dalam tubuh secara alami. Namun tingkat kolesterol juga dapat meningkat karena pengaruh asupan makanan sehari-hari. Dengan banyak mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini beberapa makanan untuk mengurangi kolesterol.

  • Ikan kaya Omega-3

Mengonsumsi ikan kaya Omega-3 secara teratur sangat disarankan untuk pencegahan beberapa jenis penyakit. Diet Omega-3 dapat mengurangi resiko penyakit jantung, pengentalan darah, dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan kaya Omega-3 sekitar 2 takar setiap minggunya.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga memiliki kandungan Omega-3 yang membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

makanan-yang-baik-untuk-mengurangi-kolesterol-darah
Makanan Yang Baik Untuk Mengurangi Kolesterol Darah
  • Buah dan sayur

Termasuk jenis makanan yang baik untuk mengurangi kolesterol darah dan kaya akan kandungan vitamin serta bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Buah-buahan diantaranya anggur, apel, alpukat, dan apricot. Sedangkan sayuran diantaranya bawang putih, kol, dan ubi jalar. Buah dan sayur juga kaya serat dan pectin yang terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol.

  • Kayu manis

Pada sebuah studi ditemukan bahwa dengan mengonsumsi ½ sdt kayu manis setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah dari penderita diabetes tipe 2. Selain itu, konsumsi kayu manis pun sudah terbukti efektif mengurangi LDL, trigliserida, dan kadar kolesterol secara menyeluruh dalam tubuh.

  • Teh

Penelitian tentang komponen bioaktif yang paling dominan dalam teh, epigallocatechin gallate (EGCG) membuktikan bahwa komponen bioaktif ini dapat mencegah terjadinya akselerasi atau percepatan oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Meminum teh secara rutin dalam jumlah normal setiap harinya dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

  • Jus lemon

Menurut penelitian, kandungan limonoids pada lemon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Selain itu, lemon kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan kuat.

Baca juga : Pentingnya Cek Kolesterol Darah

Oke itu tadi sedikit ulasan mengenai makanan yang baik untuk mengurangi kolesterol darah, semoga bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.