LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Macam-Macam Najis dan Cara Mensucikannya

KelurgaSamawa.com – Secara bahasa, najis merupakan kotoran yang biasa juga disebut sebagai al-qodzaroh. Sedangkan jika dilihat dari makna istilahnya, maka najis adalah zat apapun yang dianggap kotor serta dijauhi oleh orang yang berperilaku baik. Oleh karena itu, setiap kali kita hendak melakukan ibadah, salah satu syarat sahnya adalah bersih dan suci dari najis dan kotoran. Nah, berbicara mengenai najis, berikut ini kami akan bagikan informasi mengenai macam-macam najis dan cara mensucikannya. Yuk simak yang ada di bawah ini:

  • Macam-Macam Najis :

Najis ini ada 3 macam, yakni najis mukhoffafah, najis mutawasithoh dan najis mugholadloh. Adapun perincian dari ketiga jenis najis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Najis Mukhoffafah

Najis mukhoffafah merupakan najis yang ringan, artinya dalam mensucikannya tidak perlu bersusah payah, cukup dengan memercikkan air ke area yang terkena najis saja. Misalnya adalah air kencing bayi laki-laki yang umurnya masih di bawah 2 tahun, serta belum memakan apapun selain dari air susu ibu.

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

  1. Najis Mutawasithoh

Nah, jenis najis yang kedua adalah najis mutawasithoh, yakni najis yang sedang. Misalnya, kotoran manusia, kotoran hewan, air susu hewan yang haram untuk memakannya, khamr serta bangkai kecuali bangkai ikan dan bangkai belalang.

Najis Mutawasithah ini terdiri dari dua jenis yakni najis yang ‘ainiyah dan najis yang hukmiyah. Najis yang ‘ainiyah adalah najis yang tampak jelas baik rupa, rasa atau baunya. Sedangkan najis hukmiyah adalah najis yang tidak tampak, hanya meninggalkan bekas saja, misalnya bekas kencing atau bekas miras.

Baca juga : Pengertian Tayamum dan Sebab Memperbolehkan Tayamum

  1. Najis Mugholadloh

Jenis najis yang ketiga adalah najis mugholadloh, yakni najis yang berat, misalnya air liur anjing, air liur babi maupun hasil persilangan dari keduanya.

  • Cara Mensucikan Najis :

Setelah memahami berbagai jenis najis di atas, sekarang saatnya kita memahami cara-cara untuk mensucikan najis berdasarkan macam-macam najis diatas, antara lain:

  1. Cara Mensucikan Najis Mukhoffafah

Karena merupakan najis ringan, otomatis dalam mensucikan najis mukhoffafah kita tidak perlu melakukan banyak hal, karena cara mensucikannya adalah dengan memerciki tempat yang terkena najis tersebut dengan air.

  1. Cara Mensucikan Najis Mutawasithoh

Sedangkan untuk mensucikan najis mutawasithoh adalah dengan membasuh daerah yang terkena najis sebanyak 1 kali saja sampai sifat-sifat najis yang meliputi bau, rasa serta warna menghilang. Namun, akan lebih baik lagi bila kita membasuhnya sampai 3 kali siraman.

Tetapi jika najis tersebut adalah najis hukmiyah atau najis yang tidak tampak, maka kita cukup mengalirkan air pada bekas najis tersebut.

  1. Cara Mensucikan Najis Mugholladloh

Nah, untuk mensucikan najis mugholladzoh, kita membutuhkan perlakuan khusus yakni dengan membasuh daerah yang terkena najis sebanyak 7 kali dimana salah satu basuhannya menggunakan air yang dicampur dengan tanah.

Baca juga : Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

Nah, itulah diatas macam-macam najis dan cara mensucikannya, semoga bermanfaat dan wallahu a’lam bisshowab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.