LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

KeluargaSamawa.com – Dalam kehidupan ekonomi kaum muslim sebaiknya mengetahui tentang Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam. Tahukah anda bahwa pada dasarnya praktik perekonomian islam mengandung akad-akad atau aturan-aturan agar para pelakukan tetap pada koridor yang telah ditentukan. Pada dasarnya tujuan ekonomi islam adalah mencapai kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

Lantas tahukah Anda apa yang dimaksud dengan muamalah? Secara umum definisi muamalah ialah, suatu hal yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Misalnya dalam transaksi ekonomi, berserikat, dan lain-lain.

5 Macam Muamalah dalam Ekonomi Islam :

  1. Kegiatan Jual Beli

Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kegiatan jual beli. Berdasarkan syariat islam kegiatan ini merupakan tukar menukar barang dari penjual kepada pembeli yang bertujuan agar pembeli berhak untuk memiliki barang tersebut.

Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

Transakti jual beli memiliki beberapa syarat yang harus di penuhi baik untuk penjual maupun pembeli. Syarat yang pertama adalah baligh, yaitu penjual dan pembeli sudah dewasa untuk melakukan transaksi jual beli. Syarat berikutnya adalah keduanya harus memiliki akal sehat, dan yang terakhir adalah transaksi dilakukan atas kehendak sendiri, tanpa adanya paksaan.

Baca juga : Cara Berdagang Atau Berbisnis Menurut Rasulullah Saw

Selain itu, pada saat transaksi jual beli, harus dipastikan uang dan barang yang akan dijual adalah halal dan suci. Sebagai kaum muslim dilarang untuk menjual sesuatu yang haram seperti daging babi maupun arak. Barang yang dijual haruslah bermanfaat, dan kondisinya harus diiketahui baik oleh penjual maupun pembeli.

  1. Kegiatan Kerja Sama

Dalam konsep islam, kerja sama sering kali disebut dengan syirkah. Hal ini berarti pula besyarikat atau kongsi. Pada praktiknya, adalah suatu usaha yang digunakan untuk mengumpulkan sumberdaya untuk meraih tujuan berasama. Sumberdaya ini dapat berupa jaringan kerja, materi, maupun keahlian. Tentu saja kegiatan syirkah ini tidak boleh melanggar ketentuan-ketentuan islam, misalnya kerja sama dalam hal yang berakibat pada dosa seperti kerja sama memproduksi minuman keras maupun penyelundupan narkoba

  1. Kegiatan Mudharabah

Mudarabah merupakan salah satu dari macam-macam muamalah dalam ekonomi islam yang bertujuan untuk mengikat dua belah pihak. Dalam hal ini yang dimaksud adalah pelaksana usaha atau mudharib dan pemodal atau shahib al-mal. Seorang pelaksana modal memiliki kewajiban untuk mengembalikan modal yang telah dipinjam dan membayarkan keuntungan yang telah disepakati dengan tenggat waktu yang telah ditentukan bersama.

  1. Adanya Transaksi yang Berlandaskan Kepercayaan

Salah satu macam-macam muamalah dalam ekonomi islam berikutnya adalah transaksi yang berlandaskan kepercayaan. Transaksi yang berlandaskan kepercayaan adalah suatu kesepakatan atau akad yang menyangkut peminjaman hutang yang berlandaskan atas kepercayaan. Perjanjian dalam pemberian kepercayaan dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Pertama adalah jaminan. Jaminan merupakan pengalihan tanggung jawab dari seseorang kepada orang lain.

Selain itu terdapat pula gadai. Gadai adalah menjadikan barang yang nilainya setara atau lebih tinggi dari nilai pinjaman yang digunakan sebagai jaminan untuk pembayaran hutang. Jenis ketiga adalah pemindahan hutang atau sering disebut hiwalah. Istilah ini memiliki makna adanya pemindahan kewajiban dari seseorang yang semula sebagai pembayar hutang kepada orang lain.

  1. Titipan

Titipan merupakan jenis muamalah yang berupa akad, dimana ada seseorang yang memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk menyimpan barang berharga miliknya dengan dikenakan biaya atas jasa penyimpanan yang diberikan.

Baca juga : Macam-Macam Riba Menurut Ilmu Fiqh yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Dari penjelasan di atas, sekarang sudah punya gambaran yang lebih jelas kan, terkait mMacam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.