LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Liburan Edukasi Menyenangkan di Obyek Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Obyek wisata Taman Pintar Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang lebih dikenal dengan Yogyakarta memang sudah tidak asing lagi di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun asing sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Jawa.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Yogyakarta yang juga memiliki julukan Kota Pendidikan tidak hanya menyediakan beragam obyek wisata alam yang menakjubkan, namun juga obyek wisata buatan yang ada di kota ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Taman Pintar Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati no. 1-3. Obyek wisata ini bukan hanya sekedar obyek wisata yang menghibur tetapi juga memiliki unsur edukatif.

Sejarah Pendirian Taman Pintar Yogyakarta

Taman ini lebih mirip seperti rumah belajar. Disini, wahana yang disediakan bukan hanya seru dan menyenangkan tetapi juga mengandung nilai pendidikan, mulai dari ilmu pengetahuan, kesenian, sejarah dan sebagainya. Taman ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan resmi dibuka pada tanggal 20 Mei 2006, peresmiannya dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Obyek wisata Taman Pintar Yogyakarta

Obyek wisata Taman Pintar Yogyakarta

Namun, Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY yang berupaya terus mengembangkan Taman Pintar sebagai obyek wisata edukatif kemudian melanjutkan pembangunan dan pengembangan Taman Pintar tahap kedua. Beliau meresmikan pembukaannya kembali pada tanggal 9 Juni 2007. Sedangkan pembangunan dan pengembangan Taman Pintar tahap ketiga, rampung dan diresmikan kembali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Desember 2009.

Berbagai Wahana di Taman Pintar

Taman ini lebih diperuntukkan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Diharapkan dengan adanya obyek wisata ini, mereka dapat berwisata sekaligus belajar disini. Ada berbagai wahana edukasi yang bisa Anda temui di Taman Pintar Yogyakarta, di antaranya adalah:

  1. Wahana Sejarah Kekeratonan.

Di Gedung Memorebel, Anda akan menemukan Wahana Sejarah Kekeratonan yang berisi mulai dari sejarah keraton, silsilah keluarga keraton, dan berbagai hal yang berhubungan dengan Keraton Yogyakarta lainnya.

  1. Wahana Tokoh Pendidikan.

Wahana ini berada di ruangan lain dari Gedung Memorebel, disini Anda akan menjumpai kisah mengenai sejarah pendidikan di Indonesia maupun orang-orang yang berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara, Kyai Ahmad Dahlan dan sebagainya.

Baca juga : Pantai Tanjung Ringgit, Potret Kecantikan Alam di Ujung Lombok

  1. Gedung Oval.

Berpindah ke Gedung Oval, disana Anda akan menjumpai sebuah aquarium air tawar yang berisi berbagai jenis ikan dan makhluk yang hidup air tawar. Selain ada aquarium ikan air tawar, di Gedung Oval ini Anda juga akan menemukan wahana ilmu pengetahuan seperti Zona Cuaca Iklim, Zona Argo dan Zona Purba.

  1. Perpustakaan Besar.

Di Taman Pintar, Anda juga akan menemukan sebuah perpustakaan besar yang berisikan ribuan buku-buku menarik yang bisa Anda pinjam dan Anda baca selama berada disitu.

  1. Wahana Bahari.

Wahana ini menyediakan beragam hal yang menarik mengenai segala sesuatu tentang bahari dan kemaritiman Indonesia. Untuk dapat memasuki Wahana Bahari, Anda dikenakan tarif Rp 4000,-.

  1. Wahana Kreasi Batik.

Dengan membayar Rp 5000,-, Anda sudah bisa merasakan sensasi belajar membuat batik tulis, yakni teknik pembuatan batik tradisional yang masih menggunakan tenaga manual sepenuhnya.

  1. Wahana Kreasi Gerabah.

Di Wahana Kreasi Gerabah ini, Anda akan diajari untuk membuat beraneka jenis produk gerabah, mulai dari mendesain dan mengukir gerabah hingga melukis dengan media gerabah.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Apakah hanya itu saja yang ada di obyek wisata Taman Pintar Yogyakarta? Tentu saja tidak, masih ada puluhan jenis wahana menghibur sekaligus mendidik yang berada di dalam Taman ini. Karcis masuk Taman Pintar sangat terjangkau, hanya 10 ribu rupiah untuk anak-anak dan 18 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.