LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Lebih baik Mana Antara Kepribadian Introvert atau Ektrovert?

Pernahkan anda mendengar kata intovert dan ekstrovert?. Pastinya diantara anda sudah banyak yang pernah mendengar kedua kata yang tak asing tersebut. Memang benar, bahwa kedua kata tersebut merupakan 2 kata yang melambangkan kepribadian pada seseorang.

Pada dasarnya kepribadian intovert merupakan kepribadian yang banyak menyendiri dari kehidupan luar sedangkan kepribadian ektrovert adalah kebalikannya, yakni kepribadian yang mudah bergaul dengan lingkungan luar. Lantas, diantara kedua kepribadian tersebut kira-kira lebih baik mana antara kepribadian introvert atau ektrovert?Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak penjabarannya berikut ini.

Mengenal kepribadian introvert atau ekstrovert

Sebelum mengetahui lebih baik mana antara kepribadian introvert atau ektrovert, sebaiknya anda harus mengenal lebih dalam seputar kedua kepribadian tersebut. Dengan begitu, bisa ditentukan mana kepribadian yang lebih baik. Berikut penjelasannya.

  1. Tentang Kepribadian Introvert

Kepribadian yang pertama adalah kepribadian introvert. Introvert merupakan kepribadian yang lebih fokus pada dunia dan pikirannya sendiri, sehingga seorang introvert lebih suka suasana yang tenang dibandingkan dengan suasana yang ramai.

lebih baik mana antara kepribadian introvert atau ektrovert

lebih baik mana antara kepribadian introvert atau ektrovert

Dibalik sikapnya yang suka menyendiri dan jauh dari keramaian ternyata seorang introvert juga memiliki kelebihan yaitu pemikir, bersikap tenang dan juga sering mengintrospeksi diri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri yang dimiliki seorang introvert.

  • Tidak tertarik dengan perbincangan ringan

Seorang introvert lebih suka perbincangan yang berbobot dan penting. Ketika ada perbincangan yang kurang penting atau ringan, seorang introvert lebih cenderung diam daripada ikut menanggapinya.

  • Tidak betah berada di keramaian

Seorang introvert pada dasarnya tidak menyukai keramaian dan lebih suka berkumpul dengan sedikit orang. Mereka akan menghindari acara-acara yang banyak dihadiri orang dan lebih nyaman untuk menikmati waktu sendiri.

  • Berpikir sebelum bicara

Seorang introvert cenderung lebih berhati-hati ketika berbicara dengan seseorang. Mereka akan menghindari pembicaraan yang sia-sia. Ketika berpendapat, mereka memiliki pendapat yang sangat berbobot. Sehingga ketika anda memiliki teman introvert, maka ia sangat cocok untuk dimintai pendapat.

  • Tidak mudah percaya

Seorang introvert hanya terbuka pada orang-orang tertentu yang menurutnya sudah sangat dipercaya.

  • Suka menulis

Seorang introvert cenderung mengungkapkan isi hati mereka ke dalam tulisan. Sehingga dengan kelebihan ini, seroang introvert bisa menjadi penulis yang kritis ketika mereka benar-benar menekuninya.

  1. Tentang Kepribadian Ekstrovert

Kepribadian yang kedua adalah ekstrovert, di mana kepribadian ini sangat berbanding terbalik dengan kepribadian introvert. Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung menyukai suasana yang ramai dan memiliki banyak teman. Namun kekurangan dari kepribadian ektrovert adalah mereka akan takut ketika sendirian, dan jarang untuk menginstropeksi diri sehingga seorang introvert kadang tak kenal dengan dirinya sendiri. Nah, untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa sifat yang dimiliki seorang ekstrovert.

  • Mudah bergaul dengan orang baru

Seorang ekstrovert mudah bergaul dengan orang baru, karena memang pada dasarnya mereka pandai dalam menarik perhatian oranglain, sehingga orang baru akan nyaman ketika berbicara dengan seorang ekstrovert.

  • Kepercayaan diri yang tinggi

Seorang ekstrovert memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Maka dari itu mereka cenderung lebih ceria dan memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan sesuatu

  • Berbicara sebelum berfikir

Seorang ekstrovert lebih mengutaman verbal dibandingkan dengan nalar. Mereka cenderung akan berbicara dahulu baru berpikir. Maka dari itu, seorang ekstrovert menyukai perdebatan singkat di dalam sebuah diskusi.

lebih baik mana antara kepribadian introvert atau ektrovert

Dari ciri-ciri yang dimiliki oleh kedua kepribadian di atas, bisa disimpulkan jika  tidak ada kepribadian yang lebih baik atau sebaliknya. Karena masing-masing kepribadian diatas, memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi tergantung bagaimana mengarahkannya supaya bisa lebih mengeksplor sisi positifnya dibanding sisi negatif. Namun juga perlu diketahui, dalam diri seseorang, sebenarnya memiliki 2 jenis kepribadian diatas sekaligus, hanya saja salah satunya ada yang mendominasi entah itu introvert ataupun ekstrovert.

Baca juga : Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

Untuk itu tidak bisa dikatakan bahwa kepribadian introvert lebih baik dibandingkan dengan kepribadian ektrovert atau sebaliknya. Nah, Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.