LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Tidak?

Kuliah sambil kerja, kenapa tidak? Tak sedikit orang yang memilih untuk kuliah sambil bekerja demi memperoleh gelar pendidikan lebih tinggi. Tentunya pilihan ini tak diambil tanpa alasan. Selain faktor ekonomi, terdapat faktor lain yang membuat seseorang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja.

Walaupun pilihan itu cukup beresiko, namun berikut ini ada beberapa tips bagaimana menyikapinya :

  1. Peluang atau kebutuhan

Pekerjaan yang ada menjanjikan gaji yang besar, namun sayang ini berbenturan dengan jadwal kuliah Anda. Sebelum memutuskan mana yang menjadi prioritas, pahami terlebih dahulu apakah Anda tengah mencari peluang ataukah justru menjadi kebutuhan. Bila Anda merasa pekerjaan adalah peluang sementara kuliah adalah kebutuhan, maka Anda harus dapat mengatur jadwal kegiatan dengan lebih baik.

Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Tidak?

Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Tidak

  1. Rasa malas

Berkutat dengan pekerjaan yang menghasilkan uang perlahan membuat Anda terlena. Anda menjadi kurang fokus dalam mengikuti beragam materi kuliah. Namun Anda juga tahu bahwa pendidikan lebih tinggi merupakan investasi jangka panjang untuk karir di masa yang akan datang. Stress dan lelah pasti akan Anda rasakan. Namun yakinlah hasilnya akan lebih indah dan memuaskan. Kuliah sambil kerja, kenapa tidak? Asal Anda memiliki niat dan usaha untuk tetap disiplin.

  1. Kesulitan mengelola waktu

Energi yang habis setelah bekerja seharian kerap memunculkan rasa malas saat dihadapkan pada tugas. Ini juga kerap membuat Anda kesulitan untuk membagi waktu antara bekerja dan belajar. Bila Anda memang tak bisa berkompromi soal waktu maka Anda dapat mencari pekerjaan yang tak memiliki ikatan waktu atau freelance. Atau dengan memanfaatkan waktu libur untuk fokus pada suatu hal, seperti materi kuliah.

  1. Siap mental

Kuliah sambil bekerja memang menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Apalagi Anda harus menyesuaikan diri pada 2 lingkungan berbeda. Oleh sebab itu Anda harus menyiapkan mental. Ada di lingkungan yang tak disukai akan menjadi suatu beban. Mental yang akan menentukan apakah sanggup untuk bertahan.

  1. Selalu belajar

Kuliah dan bekerja akan memberikan berbagai pengalaman bagi Anda. Paling tidak Anda akan menyadari bahwa hidup akan berjalan bila tetap selalu belajar. Menghasilkan uang memang penting, namun pendidikan juga tak boleh diabaikan. Kuliah sambil kerja, kenapa tidak? Semoga Anda sukses!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.