LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kuliah atau Kerja Pilih Mana?

Lulus dari pendidikan SMA sederajat akan ada banyak pertanyaan di antara para siswa. “Kuliah atau kerja pilih mana?”. Pertanyaan tersebut memang kerap muncul, sebab jalan hidup berikutnya ditentukan jawaban dari pertanyaan ini. Banyak yang beranggapan bahwa bila kuliah akan mempermudah kita memperoleh pekerjaan. Namun tak sedikit pula yang beranggapan tanpa kuliah pun tetap bisa memperoleh pekerjaan, yang ada kuliah hanyalah membuang-buang uang dan belum pasti memperoleh pekerjaan. Sebenarnya pilihan dalam hidup itu kembali ke diri masing-masing bagaimana cara memandangnya.

Kuliah atau Kerja Pilih Mana?

Kuliah atau Kerja Pilih Mana?

Apakah kuliah bisa mempermudah dalam memperoleh pekerjaan? Bisa ya ataupun tidak. Ya sebab kuliah merupakan suatu kegiatan dalam menuntut ilmu yang lebih tinggi tingkatannya dari SMA sederajat. Maka secara otomatis akan memperoleh pengetahuan yang belum diperoleh di tingkat pendidikan SMA sederajat. Banyak perusahaan yang mencari karyawan dari lulusan universitas. Jadi peluang memperoleh pekerjaan memang akan lebih besar. Lalu bila memutuskan untuk kuliah terlebih dahulu pada pertanyaan kuliah atau kerja pilih mana? akan ada suatu pendapat bila kuliah terlebih dahulu tentu langsung memperoleh pekerjaan.

Namun kenyataannya belum pasti, sebab banyak juga sarjana yang bekerja bukan di tempat seharusnya. Terkadang mereka bekerja dimana ijazah tak terpakai, bahkan ada juga sarjana yang tak segera memperoleh pekerjaan. Sebab saat ini memang banyak perusahaan yang mencari lulusan perguruan tinggi namun juga dengan pengalaman bekerja. Pengalaman bekerja inilah yang umumnya belum dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi. Lalu bagaimana bila memutuskan untuk langsung bekerja? Tak ada salahnya bila setelah lulus SMA sederajat langsung memutuskan untuk segera bekerja.

Banyak pula orang sukses yang hanya lulusan SMA sederajat, sebab dengan bekerja akan menjadi pengalaman yang dapat dipelajari. Namun umumnya bila bekerja dengan menggunakan ijazah SMA sederajat tak bisa langsung memperoleh posisi jabatan yang tinggi pada sebuah perusahaan. Atau buruknya bila hanya menjadi seorang buruh dengan bayaran yang minim. Nah pertanyaan kuliah atau kerja pilih mana? dapat dijawab oleh diri sendiri dan apapun yang menjadi pilihan dalam hidup, pasti akan ada suatu jalan kedepannya bila selalu berusaha dan berdoa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.