LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam

Dalam Al-Qur’an surat an-Nur ayat 26 di sebutkan bahwasanya seseorang akan menemukan pasangan sesuai dengan cerminan dirinya sendiri. Seorang laki-laki yang sholeh akan dijanjikan  mendapatkan wanita yang sholihah, dan begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu jika seorang laki-laki ingin mendapatkan pasangan yang sholihah, tentunya ia harus terlebih dahulu memantaskan dirinya untuk menjadi suami yang sholeh. Lantas bagaimana kriteria suami yang soleh menurut Islam itu? Berikut jawabannya.

Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam

  1. Taat menjalankan perintah agama

Salah satu hadits riwayat Bukhari Muslim menyebutkan bahwa kriteria wanita sholihah yang paling utama untuk dipilih menjadi istri adalah wanita yang taat beragama. Nah bagaima mungkin seorang laki-laki hendak menilai istrinya taat beragama jika dirinya sendiri belum paham betul tentang persoalan agama. Oleh karena itu kriteria suami yang sholih menurut islam yang pertama adalah suami yang memiliki pemahaman agama yang baik.

  1. Memiliki akhlak yang baik

Pemahaman agama yang baik akan dicerminkan dalam pribadi yang berakhlaqul karimah. Suami yang sholih tentunya juga akan menjaga tindak-tanduknya karena ia adalah panutan yang akan mengarahkan istrinya untuk bekerjasama dalam menjalankan kebaikan.

Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam

Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam

 

  1. Memiliki hati yang lemah lembut

Seorang suami haruslah memiliki hati yang lemah lembut, sehingga ia peka terhadap perasaan istrinya dan mampu menenangkan sang istri yang sedang tertimpa musibah dan mampu menanggung beban berat istrinya. Rosulullah sebagai suritauladan kita senantiasa menganjurkan bagi para suami untuk siap siaga berusaha mengobati hati sang istri yang sedang terluka.

  1. Memuliakan keluarga istri

Dalam sebuah hadits riwayat bukhari muslim disebutkan bahwasanya bila seseorang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menjaga hubungan silaturrahim. Oleh karena itu, suami yang sholih hendaknya menjaga silaturrahim dengan memuliakan keluarga istri sehingga hidupnya akan terasa tentram karena hubungan baik antar keluarga tetap terjaga.

  1. Memiliki kecakapan berbagai ilmu

Suami yang sholih mampu mendidik dan mengajarkan istrinya dengan berbagai ilmu yang bermanfaat, seperti ilmu halal-haram, ilmu fiqih, ilmu keluarga dan ilmu kemasyarakatan.  Dengan demikian ia akan mampu memberikan nasihat kepada istrinya dalam menghadapi berbagai persoalan dengan cara yang bijak dan sang istri pun tidak harus belajar di luar rumah untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.

  1. Memiliki rasa cemburu yang menandakan cinta pada istrinya

Salah satu sifat laki-laki yang sholih adalah memiliki rasa cemburu kepada istrinya. Hal ini menandakan bahwa ia memiliki cinta dihatinya dan menginginkan kebaikan bagi sang istri untuk menjaga kehormatannya. Dengan rasa cemburu terhadap kehormatan sang istri tersebut, ia tidak akan rela jika istrinya nantinya mendapatkan adzab yang pedih karena tidak menjaga aurat di depan laki-laki yang bukan mahram yang memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Nah di atas adalah beberapa Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam. Buat anda para kaum  hawa yang belum menemukan pasangannya, sebaiknya pilih calon suami yang memiliki kriteria di atas.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.