LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kriteria Pria Idaman Calon Suami Yang Islami

Selain terdapat beberapa petunjuk kriteria calon istri yang Islami, dalam agama Islam pun terdapat beberapa petunjuk mengenai kriteria pria idaman calon suami yang Islami. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

  1. Islam

Ini merupakan kriteria yang amat penting bagi seorang Muslimah yang akan memilih calon suami. Sebab Islam merupakan satu-satunya jalan untuk keselamatan dunia dan juga akhirat kelak. Wanita juga memiliki kecenderungan untuk mengikuti agama dari sang suami, tapi tak berlaku sebaliknya. Oleh sebab itu kriteria seorang suami Islam menjadi mutlak.

Hal ini seperti dijelaskan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala pada QS Al Baqarah ayat 221, “..Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Kriteria Pria Idaman Calon Suami Yang Islami

Kriteria Pria Idaman Calon Suami Yang Islami

  1. Memiliki akhlak yang baik dan berilmu

Kriteria pria idaman calon suami yang Islami berikutnya adalah memiliki akhlak dan berilmu. Masa depan kehidupan bagi suami dan istri erat hubungannya dengan memilih suami. Oleh karena itu Islam menganjurkan agar memilih calon suami dengan akhlak yang baik dan shalih atau taat beragama.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Apabila kamu sekalian didatangi oleh seseorang yang Dien dan akhlaknya kamu ridhai maka kawinkanlah dia. Jika kamu sekalian tak melaksanakannya maka akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan tersebarlah kerusakan.” (HR At Tirmidzi).

Pria yang mempunyai keistimewaan adalah pria yang memiliki ketakwaan dan akhlak yang baik. Dia mengetahui hukum-hukum Allah mengenai bagaimana perlakuan pada seorang istri, berbuat baik padanya, serta menjaga kehormatan dirinya beserta agamanya. Maka dia akan mampu melaksanakan kewajibannya dengan sempurna dalam membina sebuah keluarga, melakukan kewajibannya sebagai seorang suami, mendidik anak-anak, menegakkan kebaikan, serta menjamin berbagai kebutuhan dalam rumah tangga dengan nafkah dan tenaganya.

Untuk dapat mengetahui kriteria pria idaman calon suami yang Islami khususnya pada agama dan akhlak dari calon suami bisa dengan mengamati kehidupannya sehari-hari dengan bertanya pada orang-orang terdekatnya, seperti saudara, tetangga, atau sahabatnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.