LiburanLiburan Asik !!

Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam

Pernikahan adalah tujuan dari seseorang yang sudah menemukan pasangannya untuk melaksanakan sunnah rosul. Setiap orang pasti berharap pernikahannya hanya akan dilakukan satu kali seumur hidup. Oleh karena itu, seorang laki-laki sholih tentunya berharap dapat memiliki istri yang sholihah yang nantinya dapat menemaninya dalam menjalankan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah.

Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam

  1. Taat beragama

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwasanya ketika seorang laki-laki hendak memilih seorang perempuan untuk dinikahi hendaknya didasarkan pada empat pertimbangan, yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya  dan agamanya. Namun di antara empat hal tersebut pilihan yang pertama terletak pada agamanya. Oleh karena itu kriteria istri sholihah yang pertama adalah istri yang taat beragama.

  1. Memiliki Akhlaq yang Terpuji

Seorang istri yang taat beragama akan tercermin dalam tingkah laku kesehariannya. Akhlaq yang terpuji akan melekat dalam pribadinya karena ia meyakini bahwa segala perbuatannya akan dilihat oleh Allah dan akan ada pertanggung jawaban dari setiap perbuatan tersebut. Jadi, kriteria kedua dari istri yang sholihah ini merupakan wujud dari point pertama di atas.

Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam
Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam
  1. Taat kepada suami selama itu bukan perbuatan maksiat

Seorang suami adalah imam bagi istrinya. Oleh karena itu, bagaimana pun juga seorang istri yang sholehah tentunya adalah seorang istri yang menghargai suaminya dengan cara berbakti kepadanya selama kebaktian tersebut tidak melanggar norma-norma agama.

  1. Cinta kepada suami

Seorang istri yang sholihah akan berusaha mencintai suaminya. Rasa cinta inilah yang nantinya menjadikan kuat pondasi dalam berumah tangga. Rasa cinta tersebut secara naluriah akan menenangkan hati masing-masing pasangan untuk menjalani keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

  1. Penuh kasih sayang dan mencari keridhaan suaminya

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh an-Nasa’i menyebutkan bahwa salah satu tanda istri yang termasuk dalam penghuni surga adalah istri yang penuh kasih sayang, banyak anak dan mencari keridhaan suaminya, sehingga ketika suaminya marah ia tidak akan merasa tenang dan akan mencari keridhaan suami dengan membujuk suaminya untuk memaafkannya.

  1. Pandai mensyukuri kebaikan dan pemberian dari suaminya

Salah satu kriteria dari istri yang sholihah adalah istri yang pandai bersyukur atas segala kebaikan dan pemberian dari suaminya. Salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim menyebutkan bahwasanya kebanyakan penghuni neraka adalah wanita yang kufur yakni mereka yang sama sekali tidak mampu melihat kebaikan dari suaminya.

Nah itu tadi di atas adalah beberapa kriteria istri yang sholihah menurut islam. Sebagai seorang laki-laki, tentunya kita harus banyak berdoa dan selalu berbenah diri untuk menjadi lebih baik, agar Alloh meridhoi kita mendapatkan istri yang sholihah. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.