LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Konsep Mendidik Secara Islami Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak

Pendidikan islami dalam membentuk karakter sang anak sangat penting dilakukan oleh para orang tua. Kecenderungan anak untuk meniru segala perilaku didalam lingkungan terutama keluarga tentunya dapat menjadi acuan para orang tua untuk menciptakan suatu lingkungan yang baik dan berpengaruh positif terhadap anak.

Hindari untuk mengatakan “jangan” ketika anak menunjukkan ketertarikannya terhadap suatu hal. Karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap perkembangan anak sehingga menyebabkan sang anak takut untuk melakukan hal baru dimasa mendatang. Gunakan kata lain yang menyertakan alasan sehingga anak dapat berpikir sendiri untuk melakukannya atau tidak.

Implementasi Pendidikan Islami Untuk Anak

Implementasi pendidikan islami adalah tindakan yang dilakukan oleh orang tua, untuk mengajarkan kepada anak nilai-nilai islami sehingga dapat tertanam sejak dini didalam diri sang anak. Tindakan tersebut antara lain:

  • Mengajarkan anak apa yang dinamakan bersyukur

Menerapkan terhadap anak untuk selalu mensyukuri apapun yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar kelak anak tidak memiliki sifat iri hati ataupun dengki terhadap sesama muslim.

  • Memberikan ilmu Tauhid sejak dini

Mengajarkan Tauhid yang benar terhadap anak sehingga anak memiliki keimanan yang kuat. Dengan bekal Iman yang kuat tentunya anak akan mampu membedakan sendiri mana hal yang dilarang oleh Allah SWT dan perintah apa yang wajib di laksanakan.

Konsep Mendidik Secara Islami Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak

Konsep Mendidik Secara Islami Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak

  • Membangun akhlak yang baik kepada anak

Memberikan pendidikan akhlak yang baik kepada anak harus diutamakan sedini mungkin . Hal tersebut dilakukan agar karakter anak dapat terbangun menjadi anak yang sopan santun penuh rasa hormat dan dapat saling menghargai antar sesama muslim.

  • Memberikan pemahaman tentang kewajiban beragama

Mengajarkan kepada anak apa yang dinamakan kewajiban beragama dengan penuh kesabaran. Ajari anak untuk menjalankan ibadah shalat, puasa, membaca Al-qur’an serta segala aktivitas keagamaan lainnya.

  • Mengajarkan anak untuk selalu memiliki kerendahan hati.

Memupuk anak untuk memiliki kerendahan hati sejak dini sangatlah penting. Tentunya setiap orang tua tidak ingin memilik anak yang sombong serta tidak mengerti bagaimana cara menghargai oranglain. Ajarkan hal tersebut melalui tindakan. Dalam artian berikan contoh yang baik bagaimana anda dalam bersikap, entah terhadap anak serta terhadap orang-orang disekitar anda.

Pendidikan Islami Berdasarkan Asah, Asih, Asuh

  • Pola Asah

Pada pola asah pendidikan lebih diutamakan dalam mem-fasilitasi segala minat dan bakat anak sehingga dapat tersalurkan secara positif.

  • Pola Asih

Pola Asih merupakan suatu pola dimana pendidikan terhadap anak menitik beratkan pada kecerdasan emosi sang anak.

  • Pola Asuh

Pola Asuh terhadap anak merupakan pemenuhan suatu kebutuhan anak mulai dari asupan gizi (makanan), cara berpakaian serta keterdesian tempat tinggal dan lingkungan yang layak untuk anak.

Memiliki putra dan putri yang shaleh dan shalihah merupakan impian bagi setiap orangtua. Jadi upayakan diri anda menjadi orangtua yang dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan menerapkan pola pengasuhan serta pendidikan Islami yang memadai untuk buah hati anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.