LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kewajiban Orang Tua kepada Anak dalam Islam

KeluargaSamawa.com – Di dalam islam sudah jelas disebutkan bahwa setiap anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orang tua. Namun, islam menegaskan pula bahwa orang tua pun memiliki kewajiban terhadap anak, dan kewajiban orangtua inilah yang akan kami bahas dalam kesempatan kali ini. Nah, langsung saja, berikut adalah penjabaran terkait kewajiban orang tua kepada anak dalam islam sesuai dengan al-qur’an serta hadits.

  1. Memberikan Nama yang Baik kepada Anak yang Baru Lahir

Kewajiban orang tua kepada anak dalam islam yang pertama adalah memberikan nama yang baik. Hal ini jelas disampaikan oleh Dr. Khalid Syantut bahwasanya salah satu hak anak atas ayahnya ialah memberi dia nama yang baik.

Nama yang baik yang dimaksudkan di sini bukan hanya nama yang bagus saja, tetapi yang memiliki makna yang baik serta tidak menyimpang dari syariat islam.

  1. Memberi Anak ASI

Kewajiban yang kedua ini lebih ditujukan kepada umminya, dimana kewajiban ini sudah disampaikan oleh Allah swt dalam firmannya surat Al-Baqarah ayat 233. Dalam ayat tersebut Allah berfirman bahwasanya para ibu hendaknya menyusui anaknya selama 2 tahun penuh, bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Proses menyusui ini sebenarnya adalah salah satu bentuk dari interaksi antara ibu dengan anaknya, dimana saat menyusui ini pula adalah waktu yang pas untuk mengenalkan islam, misalnya sambil menyenandungkan shalawat, mengajaknya berbicara hal-hal baik sekalipun anak belum mengerti atau dengan membacakannya ayat al-Qur’an.

Baca juga : Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

 

Kewajiban Orang Tua kepada Anak dalam Islam

Kewajiban Orang Tua kepada Anak dalam Islam

  1. Mengajarkan soal Adab pada Anak

Nah, kewajiban yang selanjutnya adalah mengajarkan adab kepada anak. Imam Malik rahimahullah berkata, pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu. Adab ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena sekarang ini banyak sekali orang yang pintar namun tidak beradab.

Baca juga : Tips Ajarkan Anak Sopan Terhadap Orang Tua

  1. Memberikan Pendidikan yang Baik kepada Anak

Orang tua juga berkewajiban memberikan pendidikan yang baik kepada anak, karena apapun itu dimulai dari yang namanya pendidikan. Karena ilmu Allah itu sangat luas dan ada kemungkinan orang tua tidak bisa mengajarkannya langsung kepada anak, otomatis orang tua perlu memasukkan anak ke sekolah, terutama sekolah yang berbasis agama islam atau pesantren.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

  1. Mengajarkan Shalat

Selain keempat kewajiban di atas, orang tua juga memiliki kewajiban mengajarkan anak untuk sholat terutama jika usianya sudah mencapai 7 tahun. Rasulullah SAW yang telah memerintahkan hal ini, agar anak-anak terbiasa mengerjakan shalat. Namun, jika pada saat anak berumur 10 tahun dan ternyata mereka meninggalkan shalat, Rasulullah SAW juga memerintahkan untuk memukul mereka.

Baca juga : Tips Mengajari Anak Sholat Menurut Tahapan Umurnya

  1. Memberikan Nafkah yang Halal

Baik ayah maupun ibu hendaknya memberikan anak nafkah yang halal, dan biasakan anak untuk  memakan makanan yang halal pula. Karena sebaik apapun orang tua mendidik anak tetapi bila makanan yang dikonsumsinya berasal dari harta yang subhat apalagi haram jelas tidak akan ada keberkahan.

Nah, itulah diaats, deretan kewajiban orang tua kepada anak dalam islam. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam bish-showab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.