LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Keutamaan Surat Al-Ikhlas

KeluargaSamawa.com – Salah satu surat pendek yang sangat mudah untuk dihafal adalah surat Al-Ikhlas. Ya, surat Makkiyah yang hanya terdiri dari 4 ayat ini sering dibaca saat tahlilan, sholat bahkan di banyak yang menyarankan untuk dibaca saat hendak tidur. Meskipun surat Al-Ikhlas ini terbilang pendek dibanding kebanyakan surat dalam Alquran, namun surat Al-Ikhlas memiliki berbagai keutamaan. Nah, adapun keutamaan surat Al-Ikhlas tersebut antara lain:

  • Surat Al-Ikhlas Ini Setara dengan Tsulutsul Qur’an

Keutamaan surat Al-Ikhlas yang pertama adalah surat ini setara dengan sepertiga Al-Qur’an. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa allah swt. Membagi Al-Qur’an menjadi 3 bagian, kemudian Allah swt. Menjadikan surat Al-Ikhlas ini menjadi satu dari ketiga bagian tadi.

Menanggapi hal tersebut, kamu mengutip kalimat dari Al Qodhi yang menuturkan bahwa Al Maziri berkata makna dari Al-Qur’an dibagi menjadi 3 bagian ini adalah yang pertama membicarakan soal kisah, kemudian yang kedua membicarakan soal hukum dan yang ketiga membicarakan soal sifat-sifat Allah swt.

Baca juga : 6 Rukun Iman dan Maknanya

Sedangkan surat al-Ikhlas itu sendiri membahas tentang sifat-sifat Allah, maka dari itu surat ini kemudian disebut sebagai sepertiga dari Al-Qur’an. Lalu, jika demikian, apakah dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3x itu sama artinya dengan mengkhatamkan membaca Al-Qur’an? Jawabannya adalah tidak, karena bagaimanapun sesuatu yang memiliki nilai sama, belum tentu bisa menggantikan.

keutamaan surat Al-Ikhlas

keutamaan surat Al-Ikhlas

  • Membaca Surat Al-Ikhlas bisa Mendatangkan Kecintaan Allah swt

Dikisahkan bahwasanya dahulu Rasulullah SAW telah mengutus seorang laki-laki dalam suatu pasukan khusus yang bertugas untuk melakukan suatu operasi tertentu, dan ketika laki-laki tadi menjadi imam sholat, dia mengakhiri bacaannya dengan surat Al-Ikhlas.

Tatkala pasukan ini kembali, perihal tersebut disampaikan kepada Rasulullah SAW kemudian bersabda agar mereka bertanya kepada laki-laki tadi kenapa ia melakukan hal tersebut. Setelah mereka mengajukan pertanyaan tersebut kepada laki-laki itu, jawaban yang didapat adalah karena didalam surat Al-Ikhlas ini terdapat sifat Ar-Rahman, dan dia merasa senang membacanya.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dalam Islam

Jawaban tersebut disampaikan kembali kepada Rasulullah SAW, dan beliau bersabda agar sahabat memberitahukan kepada laki-laki tadi bahwa ALLAH SWT juga mencintainya.

  • Jika Kita Berdoa dengan Washilah Surat Al-Ikhlas, Insya Allah Doa Kita akan Lekas Dikabulkan

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, diketahui bahwasanya Rasulullah SAW penah mendengar seseorang berdoa kemudian membaca surat Al-Ikhlas. Setelah itu beliau bersabda bahwa: Sungguh kau telah meminta kepada Allah dengan menyebutkan nama-Nya, yang bila Dia dimintai dengannya, Dia pasti akan memberi dan bila Dia diseru dengannya, Dia juga pasti akan mengabulkannya.

Baca juga : Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Setidaknya itulah 3 keutamaan surat Al-Ikhlas yang perlu kita ketahui. Sebenarnya masih ada berbagai keutamaan lain seperti bisa menjadi penyebab masuknya seseorang ke dalam surga, diampuni dosa-dosanya atas izin Allah swt dan bisa melindungi diri. Jadi, mulai sekarang, mari kita biasakan membaca surat Al-Ikhlas ini ya, khususnya saat hendak tidur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.