Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis yang Sebaiknya Anda Tahu

Sebagai umat islam, puasa sunnah senin kamis tentu sudah tidak asing bagi kita. Puasa senin kamis yaitu puasa sunnah (jika dilakukan mendapat pahala dan jika tidak, tidak mendapat apa-apa) yang dilakukan pada hari senin dan kamis saja. Rasulullah sendiri melakukan puasa senin kamis rutin setiap minggunya karena keutamaan dan manfaat yang diberikan. Jika tidak terbiasa, puasa sunnah senin kamis mungkin terasa berat, maka dari itu perlu dibiasakan sejak dini mulai sekarang.

Nah, berikut telah kami rangkum penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat puasa senin kamis yang sebaiknya Anda tahu. Agar Anda lebih semangat dalam menjalankannya.

  • Keutamaan Puasa Senin Kamis

Terdapat beberapa keutamaan puasa senin kamis berdasarkan beberapa hadis yang telah diakui keabsahannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa keutamaannya tersebut.

  • Hari senin dan kamis adalah hari pilihan Nabi Muhammad SAW untuk berpuasa sunnah

Sebagai umat Rasulullah, mengikuti apa yang dilakukan beliau sangat disarankan. Nabi Muhammad sendiri memilih hari senin dan kamis untuk melakukan puasa sunnah sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah SWT serta untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis

  • Dibukanya pintu surga pada hari senin dan kamis (HR. Muslim no. 2565)

Hari senin dan kamis adalah hari dimana dibukanya pintu-pintu Allah. Bagi umatnya yang mengerjakan amal baik dan tidak melakukan permusuhan dapat diampuni dosanya dan melewati pintu tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk melakukan puasa sunnah senin dan kamis untuk kebaikan dunia dan akhirat.

  • Hari senin dan kamis adalah waktu dimana amalan kita akan dihadapkan pada Allah SWT

Pada hari senin dan kamis, amalan kita dihadapkan pada Allah SWT. Karena hal inilah Nabi Muhammad gemar melaksanakan puasa sunnah pada hari senin dan kamis. Beliau ingin amalannya dihadapkan pada Allah saat beliau dalam kondisi berpuasa.

  • Ibadah sederhana yang disukai Rasulullah

Keutamaan-keutamaan di atas merupakan beberapa kutamaan utama puasa sunnah senin kamis. Nabi Muhammad rutin mengerjakan ibadah ini karena puasa senin kamis merupakan ibadah sederhana yang dapat dilakukan terus menerus. Selain itu, puasa senin kamis juga memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan jasmani dan rohani.

  • Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Berpuasa secara rutin tidak hanya memberikan manfaat pada kesehatan jasmani saja, namun juka baik untuk kesehatan rohani. Termasuk puasa senin kamis, yang ternyata dapat membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Apa saja manfaat puasa senin kamis? Simak informasinya berkut.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa senin kamis yang pertama yaitu dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Dengan menghentikan pemasukkan asupan dalam tubuh, organ pencernaan dapat beristirahat dan bekerja lebih ringan. Pengeluaran racun sendiri dapat berupa pengeluaran keringat, air kecil dan air besar.

  • Memperbaiki kulit

Ketika sedang berpuasa, tubuh akan berhenti sejenak menerima asupan gizi, sehingga metabolisme tubuh juga berjalan lebih lambat. Saat inila sel-sel dalam tubuh melakukan proses regenerasi. Sel-sel dalam tubuh akan bekerja lebih aktif, termasuk sel kulit yang dapat mengurangi kerutan dan membantu peremajaan kulit.

  • Dapat mengendalikan hawa nafsu dengan baik

Orang yang sedang berpuasa akan menahan segala sesuatu yang dapat menyebabkan berkurangnya pahala mereka. Dengan puasa rutin, kita secara tidak langsung juga lebih baik dalam mengendalikan emosi serta lebih sabar dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga : Hukum Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

Itulah diatas sekelumit ulasan mengenai beberapa keutamaan dan manfaat puasa senin kamis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply