Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam

0
203

Bulan Muharram merupakan bulan yang pertama dalam kalender hijriyah. Di bulan ini terdapat hari asyura’ yang merupakan hari dimana langit dan bumi serta Nabi Adam dan Siti Hawa diciptakan oleh Allah SWT.

Sebagai bulan pertama dalam kalender hijriyah, Bulan Muharram ini memiliki beberapa keutamaan yang mungkin tidak terdapat dalam bulan yang lainnya. Nah, di dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai keutamaan Bulan Muharram tersebut. berikut ulasan selengkapnya.

Berbagai Keutamaan Bulan Muharram

  • Bulan Muharram Merupakan Bulan yang Pertama

Ini adalah keutamaan Bulan Muharram yang telah kami sampaikan sebelumnya. Bulan ini menjadi permulaan bulan dalam kalender hijriah yang didasarkan pada perjuangan hijrah Rasulullah SAW beserta para sahabatnya meninggalkan Makkah menuju ke Madinah.

Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam
Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam
  • Bulan Muharram Merupakan Bulan yang Diharamkan

Kata Muharram jika diartikan secara bahasa artinya adalah diharamkan. Mengapa Bulan Muharram ini dikatakan sebagai bulan yang haram? Karena berdasarkan salah satu hadits ditafsirkan bahwasanya Allah telah memuliakan bulan ini.

Salah satu bentuk kemuliaan bulan ini adalah kaum muslim dilarang untuk berperang kecuali jika berada dalam keadaan terpaksa. Dan bulan yang diharamkan ini bukan hanya Bulan Muharram saja, melainkan masih ada 3 lagi bulan yang diharamkan.

3 bulan lain yang diharamkan oleh Allah SWT antara lain Bulan Rajab, Bulan Dzulqo’dah dan Bulan Dzulhijjah.

  • Bulan Muharram adalah Bulan Syahrullah

Ini juga merupakan salah satu keutamaan Bulan Muharram, yakni syahrullah atau bulan milik Allah. Dikatakan sebagai bulan milik Allah, karena bulan Muharram ini sekali lagi merupakan bulan pembuka dalam kalender islam, dimana di dalamnya juga disandarkan lafadz Allah atau Lafdzul Jalalah .

Penyandaran Lafadz Allah ini mengindikasikan pemuliaan terhadap Bulan Muharram dimana Rasulullah SAW tidak menyandarkannya kepada bulan yang lainnya.

  • Puasa di Bulan Muharram Merupakan Puasa yang Terbaik Setelah Ramadhan

Pada Bulan Muharram ini disunnahkan untuk melakukan puasa asyura yakni pada tanggal 10 Muharram. Tak hanya puasa asyura saja yang menjadi puasa terbaik, puasa sunnah lain yang dikerjakan pada bulan ini juga menjadi puasa yang kedua yang paling mulia setelah puasa Ramadhan.

Nah, khusus untuk puasa asyuro, dalam kitab Zaadul Ma’aad yang disusun oleh Imam Ibnu Qoyyim menjelaskan bahwa puasa asyuro ini terdiri dari 3 tingkatan antara lain:

  1. Tingkatan pertama yang paling sempurna adalah berpuasa selama 3 hari pada yanggal 9, 10 dan 11 Muharram
  2. Tingkatan yang kedua hanya berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram saja
  3. Tingkatan yang ketiga adalah berpuasa pada tanggal 10 saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai keutamaan Bulan Muharram, salah satu bulan yang diharamkan oleh Allah, dimana di bulan ini sebaiknya tidak diisi dengan perbuatan yang keji. Wallahu a’lam bish showab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.