Keutamaan Bulan Dzulhijjah bagi Umat Muslim

Di dalam kalender islam, bulan Dzulhijjah juga menjadi bulan yang mulia disamping bulan Ramadhan. Bulan Dzulhijjah juga menjadi bulan yang sangat dinanti-nanti oleh para calon jemaah haji, karena di bulan inilah mereka akan melaksanakan ibadah haji di Makkah. Apakah hanya orang yang hendak melaksanakan haji saja yang menantikan bulan ini? Tetu saja tidak, karena orang-orang Islam yang belum mampu berangkat ke Mekkah, juga akan merayakan hari raya qurban di bulan yang mulia ini. Sebagai bulan yang mulia, tentu ada banyak keutamaan yang dimiliki oleh bulan Dzulhijjah. Nah, penasaran apa saja keutamaan Bulan Dzulhijjah tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya

Keutamaan Bulan Dzulhijjah :

  • Bulan Dzulhijjah juga Termasuk dalam Asyhurul Hurum

Apa yang dimaksud dengan Asyhurul Hurum? Asyhurul Hurum ini artinya adalah bulan-bulan yang diharamkan yang meliputi Bulan Muharram, Bulan Rajab, Bulan Dzulqa’dah dan Bulan Dzulhijjah. Sedangkan bulan-bulan yang diharamkan disini maksudnya adalah bulan dimana manusia diharamkan atau dilarang untuk berperang, kecuali jika mereka dalam keadaan terdesak dan dimaksudkan untuk membela diri.

Baca juga : Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

keutamaan Bulan Dzulhijjah

keutamaan Bulan Dzulhijjah

  • Anjuran untuk Memperbanyak Ibadah di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang kedua adalah adanya anjuran untuk memperbanyak ibadah di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah. Ibadah tersebut bisa berupa shalat sunnah, sedekah, menjalin silaturahmi, berjihad, berdakwah serta berpuasa. Namun, untuk ibadah puasa ini tidak boleh dilaksanakan pada tanggal 10, karena tanggal tersebut adalah Hari Raya Idul Adha, jadi berpuasa hanya bisa dilaksanakan dari tanggal 1 sampai tanggal 9 saja.

  • Adanya Hari Tasyriq

Hari Tasyriq adalah hari dimana umat muslim dilarang untuk berpuasa karena hari tasyriq ini juga memiliki arti hari makan dan minum. Hari tasyriq di bulan Dzulhijjah ini berada di tanggal 11, 12 dan 13, dengan kata lain 3 hari setelah pelaksanaan hari raya Idul Adha.

Pada hari tasyriq tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, karena selain bermakna sebagai hari makan dan minum, hari tasyriq juga bermakna sebagai hari untuk berdzikir kepada Allah swt.

  • Disunnahkan untuk Melaksanakan Puasa Arafah yakni pada Tanggal 9 Dzulhijjah

Bagi umat islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa arafah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Keutamaan dari puasa arafah ini sesuai dengan hadits nabi yang diriwayatkan oleh sahabat Qatadah Al Anshori ra. bahwasanya puasa arafah ini bisa menghapuskan dosa-dosa tahun serta tahun yang akan datang.

Baca juga : Keutamaan Bulan Muharram dalam Islam

Nah, itulah beberapa keutamaan Bulan Dzulhijjah. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menambah pengetahuan Anda, khususnya mengenai keutamaan bulan yang mulia ini, sekaligus bisa memacu semangat kita untuk meningkatkan ibadah pada bulan tersebut.

Leave a Reply