LiburanLiburan Asik !!

Ketahui Perbedaan antara Pajak dan Zakat Berikut Ini

Pajak dan zakat adalah dua hal yang sudah familiar di negara kita. Khususnya umat muslim, tentu saja sangat paham dengan zakat, sebab merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan tiap menjelang hari raya Idul Fitri. Namun, kami yakin masih banyak yang tidak mengerti mengenai perbedaan keduanya. Untuk itu, buat anda yang belum paham perbedaanya, berikut telah kami rangkum ulasan tentang Perbedaan antara Pajak dan Zakat secara mendetail yang bisa anda simak.

Perbedaan Mendasar antara Pajak dan Zakat

  1. Hal Mendasar Mengenai Pajak

Sebelum mengulas mengenai perbedaan pajak dan zakat, ada baiknya kita pahami mengenai istilah pajak. Sesungguhnya istilah pajak berasal dari bahasa Latin taxo; “rate” yang merupakan suatu iuran dari rakyat dan diperuntukkan untuk negara yang regulasinya diatur oleh undang-undang sehingga bersifat memaksa tanpa adanya balas jasa secara langsung. Dengan kata lain, pajak ini adalah kewajiban finansial baik secara pribadi maupun institusi (sebagai wajib pajak).

Perbedaan antara Pajak dan Zakat
Perbedaan antara Pajak dan Zakat

Perlu anda garis bawahi bahwa manfaat dari pajak ini tidak dapat dirasakan secara langsung, karena dana pajak digunakan untuk kepentingan umum bukan kepentingan pribadi. Nantinya pemerintah menggunakan pajak ini untuk melakukan pembangunan di berbagai wilayah ataupun dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan publik.

Secara garis besar ciri-ciri pajak adalah sebagai berikut:

  • Pajak adalah kontribusi yang bersumber dari warga negara
  • Para wajib pajak tidak mendapatkan imbalan secara langsung
  • Ketentuan pajak diatur oleh undang-undang

Selain pengertian umum tentang pajak, secara khusus juga terdapat perspektif yang berbeda tentang pajak dilihat dari sudut pandang ekonomi dan hukum. Hal ini terkait nilai-nilai strategis yang dimiliki pajak sebagai sumber pendapatan negara.

Dilihat dari perspektif ekonomi pajak dipandang sebagai perpindahan suatu nilai dari sektor privat (dalam hal ini warga negara) kepada sektor publik (dalam hal ini adalah masyarakat). Dengan kata lain, perpindahan nilai ini menyebabkan bertambahnya kemampuan perekonomian suatu negara dalam menyediakan kebutuhan.

Baca juga : Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat

Sedangkan dilihat dari perspektif hukum, pajak akan menyebabkan keterikatan kewajiban warga negara untuk membayar pajak. Adanya undang-undang akan menyebabkan negara memiliki kuasa untuk memaksa pembayaran pajak oleh para wajib pajak.

  1. Point Penting dari Zakat yang Membendakannya dengan Pajak

Setelah anda memahami pengertian pajak, selanjutnya perlu diketahui jika ada hal-hal penting yang akan menjadi perbedaan pajak dan zakat. Tidak seperti pajak yang diterapkan dibanyak negara yang diatur oleh undang undang, zakat umumnya diterapkan pada ekonomi islam yang berdasarkan pada ketentuan syariah. Hukum zakat bersumber dari Al-Quran dan sunah sesuai dengan tuntunan ajaran islam. Sehingga zakat menjadi wajib bagi setiap kaum muslim dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Zakat juga dipandang sebagai ibadah seperti halnya sholat maupun puasa.

Perbedaan antara Pajak dan Zakat juga didasarkan pada penerima manfaatnya. Seperti penjabaran sebelumnya, kita ketahui bahwa manfaat pajak tidak dapat dirasakan secara langsung dan digunakan untuk kebutuhan publik. Konsep ini berbeda dengan zakat. Ada kriteria tertentu tentang siapa yang berhak menerima zakat seperti golongan fakir miskin, amil (pengumpul dan pembagi zakat), Mu’allaf (orang yang baru saja masuk agama Islam), hamba sahaya, orang yang terlilit banyak hutang (gharimin), orang yang berjuang di jalan Allah dan orang yang sedang dalam perjalanan dan kehabisan biaya.

Baca juga : Bagaimana Hukum Zakat Fitrah dengan Uang menurut Syariat Islam?

Setelah membaca ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ternyata pajak dan zakat merupakan dua hal yang berbeda. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.