Ketahui Penyebab Puasa Menjadi Sia-Sia atau Berkurang Pahalanya

Saat berpuasa seharusnya menjadi ajang pengumpulan pahala sebanyak-banyaknya, karena memang apapun yang kita lakukan selama berpuasa akan dianggap sebagai ibadah. Namun, tidak sedikit juga orang yang berpuasa tetapi malah tidak  mendapatkan apa-apa, selain hanya lapar dan haus saja. Kok bisa? Jelas saja bisa, jika orang tersebut selama berpuasa malah melakukan hal-hal yang kurang baik yang bisa menyebabkan pahalanya menjadi berkurang.

5 Hal yang Menjadi Penyebab Berkurangnya Pahala Berpuasa

  • Tetap Konsisten dalam Bermaksiat

Puasa memang seharusnya tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga hendaknya menahan diri dari syahwat serta keinginan untuk melakukan maksiat. Jika sebelum berpuasa kita terbiasa melakukan maksiat, maka sudah sepatutnya kita menjadikan puasa sebagai salah satu cara untuk melepaskan diri dari kebiasaan bermaksiat tersebut.

Namun, jika selama berpuasa ternyata kita tetap konsisten menjalankan maksiat yang sudah biasa kita lakukan, ya wajar kiranya jika akhirnya kita tidak mendapatkan apa-apa dari puasa.

Baca juga : Masih Sulit Bangun Buat Sahur? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

 

Manfaat Ibadah Puasa

 Puasa

  • Masih Melanjutkan Kebiasaan Berghibah atau Berbicara tentang Keburukan Orang Lain

Jika sebelum berpuasa saja ghibah sudah dikatakan dosa, maka tetap melakukan ghibah saat sedang berpuasa sama saja artinya dengan membiarkan pahala yang kita kumpulkan dari puasa terus tergerus yang ujung-ujungnya puasa kita menjadi sia-sia.

  • Tidak Menjaga Telinga dari Hal-Hal yang Seharusnya tidak Didengarkan

Bukannya menjadi overprotektif terhadap apa yang sebaiknya kita dengar di bulan puasa, tetapi jika kita tidak menjaga telinga, atau bahkan membiarkan diri kita sendiri percaya dengan sesuatu yang kita dengar padahal sesuatu tersebut kebenarannya belum jelas juga bisa mengurangi pahala loh.

  • Tidak Menjaga Pandangan, Terutama dari Lawan Jenis

Sudah banyak yang mengetahui bahwa seorang muslim hendaknya menjaga pandangannya terutama pada lawan jenis yang jelas-jelas bukan muhrimnya. Nah, saat berpuasa, kita harus ekstra menjaga pandangan kita ini supaya pahala puasa kita tidak berkurang. Jangankan yang muhrim, suami dan istri saja harus menjaga pandangannya supaya tidak timbul syahwat yang bisa menggugurkan puasanya.

  • Niat Puasa yang Bukan Karena Allah Ta’ala

Meskipun puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, tetapi jika kita melakukannya hanya sekedar ikut-ikutan karena orang-orang di sekeliling kita semuanya berpuasa, atau karena ada penyebab lain yang bukan karena Allah Ta’ala, tentu puasa yang kita jalankan hanya akan berakhir sia-sia saja. Dan hanya lapar dan haus saja yang didapat.

Baca juga : Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Jadi kesimpulannya adalah, jika kita berusaha menghindari kelima hal yang bisa mengakibatkan puasa menjadi sia-sia seperti yang kami sampaikan di atas, Insya Allah kita akan mendapatkan ketenangan, kedamaian, kebahagiaan dan ‘hadiah-hadiah’ lain yang Allah peruntukkan hanya bagi mereka yang benar-benar menjalankan puasa. Wallahu a’lam.

Leave a Reply