Ketahui Hukum Memakai Kutek dalam Islam Berikut Ini

Memakai kutek bagi seorang muslimah menjadi hal yang sering diperdebatkan. Terkait hukum penggunaannya, apa boleh atau dilarang. Sebagai umat islam kita sebaiknnya melihat hukum pemakaian kutek dengan mengacu pada firman Allah dalam Al Quran serta informasi yang bersumber dari hadist.

Kutek sendiri merupakan pernis yang biasa dipakai kaum hawa baik untuk melindungi kuku maupun mempercantik kuku. Kutek sendiri terbuat dari bahan-bahan aditif yang dapat menimbulkan beberapa kerugian bagi tubuh si pemakai.

Nah, terkait dengan kutek, berikut kami telah rangkum hukum pemakaiannya bagi seorang muslimah, serta bahaya memakai kutek bagi kesehatan tubuh kita.

  • Hukum Memakai Kutek dalam Islam

Menurut anjuran islam, memakai kutek sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan dua alasan utama. Yang pertama yaitu, pemakaian kutek dapat menghalangi masuknya air wudhu ke kuku, sedangkan yang kedua yaitu pemakaian kutek menyerupai kebiasaan wanita-wanita kafir. Berikut adalah informasi lebih detailnya.

  • Kutek penghalang masuknya air wudhu ke kuku

Allah SWT sudah menyatakan bahwa, jika seorang muslim hendak sholat atau ibadah maka harus berwudhu dahulu. Berwudhu sendiri harus dilakukan dengan benar dan beberapa bagian tubuh juga harus terbasuh oleh air dengan baik.

Seperti firman Allah dalam surat Al Maidah yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub, maka bersucilah.” (QS. Al-Maidah; 6)

Hukum Memakai Kutek dalam Islam

Hukum Memakai Kutek dalam Islam

Maka dari itu memakai kutek sangat tidak dianjurkan bagi umat muslim yang hendak beribadah karena dapat menghalangi masuknya air ke kuku sehingga proses berwudhu tidak terlaksana dengan benar.

  • Memakai kutek menyerupai kebiasaan wanita-wanita kafir

Meskipun pemakaiannya tidak dianjurkan, namun tidak sedikit kaum muslimah yang memakai kutek. Biasanya hal ini dilakukan saat tengah haid atau menstruasi karena sedang tidak melaksanakan ibadah. Lalu apakah hal ini diperbolehkan?

Secara teknis Anda diperbolehkan untuk mengecat kuku ketika sedang berhalangan. Namun secara agamis, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Alasannya karena, menggunakan kutek adalah suatu kebiasaan yang dilakukan oleh wanita-wanita kafir dan sebaiknya tidak ditiru.

Hal ini didukung oleh satu hadist yang berbunyi, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum itu.” (HR. Abu Dawud). Maka dari, sebaiknya, sebagai umat muslim kita tidak mengecat kuku menggunakan kutek.

Jika sebagai muslimah Anda ingin mewarnai kuku dan bertujuan untuk mempercantik diri dihadapan suami, Anda dapat menggunakan Henna. Pewarna kuku henna ini berbeda dengan kutek dan tidak menghambat masuknya air ke kuku ketika sedang berwudhu. Beberapa ulama juga mengijinkan pemakaian henna bagi muslimah agar tidak menyerupai laki-laki.

  • Bahaya Menggunakan Kutek bagi Tubuh

Selain tidak dianjurkan dalam islam, ternyata memakai kutek juga dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh pemakainya. Terlebih lagi saat ini banyak sekali kutek yang mengandung bahan berbahaya. Kutek sendiri sebenarnya terbuat dari bahan aditif berupa formalin, zat toluene, etil esatat dan phytilates.

Zat-zat tersebut hanya dapat digunakan pada kuku sebagai organ luar tubuh. Namun sebagai manusia, seringkali kita melakukan beberapa aktifitas yang melibatkan kuku, seperti makan dan jika kuku masuk ke dalam mulut dapat berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak buruk memakai kutek bagi kesehatan.

  • Salah satu penyebab kanker
  • Penyebab gangguan paru-paru
  • Penyebab pusing
  • Membuat kuku rapuh dan tidak sehat
  • Menyebabkan iritasi hidung dan masih banyak lagi.

Baca juga : Sejuta Manfaat Berhijab, Berdasarkan Penelitian Medis

Itulah beberapa informasi mengenai Hukum Memakai Kutek dalam Islam serta bahaya memakai kutek bagi kesehatan tubuh. Sebagai alternatif jika ingin tampil cantik dengan kutek, perkembangan sekarang ini sudah ada kutek yang bisa menembus air wudhu atau kutek halal atau bisa juga memakai kutek henna.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Leave a Reply