RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Ketahui Ciri-Ciri Olshop Penipu di Instagram Berikut Ini

Berbagai jenis media sosial yang ada saat ini, mulai dari Facebook, Twitter, Line hingga Instagram mendorong banyak orang untuk kemudian menekuni bisnis online shop atau yang lebih dikenal dengan sebutan olshop.

Mengidentifikasi Ciri-Ciri Olshop Penipu

Berbekal sosial media, kini orang bisa menjual berbagai jenis kebutuhan orang lain. Mulai dari pakaian, aksesoris, gadget, kosmetik, makanan hingga properti. Salah satu media sosial yang sekarang ini sedang cukup populer di kalangan para pemilik olshop ialah Instagram. Tapi sayangnya, ternyata Instagram pun tak luput dari ulah para oknum olshop tipu-tipu. Lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri olshop penipu di Instagram? Berikut informasinya.

  1. Jumlah Followers.

Meski hal ini tidak serta merta menandakan ini benar-benar akun Instagram olshop asli atau bukan, namun banyaknya jumlah followers yang aktif menunjukkan bahwa olshop tersebut memang banyak diminati. Namun jangan terkecoh, sebab banyak pula oknum olshop yang menggunakan cara licik seperti membeli followers agar Instagram-nya terlihat meyakinkan.

  1. Cek Bio-Nya.

Ciri-ciri olshop penipu di Instagram ialah mencantumkan alamat fiktif pada bio atau profilnya, agar terlihat seperti olshop profesional. Anda bisa mengecek apa benar alamat tersebut ada atau olshop tersebut benar-benar ada di situ. Selain itu, biasanya nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi tidak bergonta ganti.

ciri-ciri olshop penipu di Instagram

ciri-ciri olshop penipu di Instagram

Biasanya olshop yang baik tidak hanya mencantumkan nomor handphone saja, melainkan juga nomor Whatsapp, BBM bahkan line. Sehingga calon pembeli lebih mudah berkomunikasi dengan si pemilik olshop.

  1. Perhatikan Foto Barang.

Olshop yang baik bahkan tidak segan-segan memajang foto terbaik dari produk yang ia jual, bukan hanya gambar hasil mencomot dari Google. Pastikan bahwa olshop tersebut menggunakan real pict alias gambar asli hasil memotret sendiri meski barang yang ia jual bisa jadi sama dengan gambar yang ada di laman pencarian.

  1. Testimoni Pelanggan.

Selain mengecek keaslian foto yang digunakan oleh olshop di Instagram, pastikan juga ada testimoni atau review baik yang disampaikan oleh followersnya di komentar foto yang diunggah. Sekalipun tidak banyak, namun itu bisa menjadi salah satu indikasi bahwa olshop tersebut layak dipercaya.

  1. Memberikan Pelayanan yang Kurang Ramah.

Pelayanan yang ramah wajib dilakukan oleh semua olshop jika ingin dikenal sebagai olshop yang terpercaya. Meski tidak harus selalu fast response, setidaknya pertanyaan Anda akan dijawab dan Anda pun bisa meminta difotokan kembali real pict barang yang dijual.

  1. Tidak Ada Endorsement atau Promosi di Akun IG Lainnya.

Sebagai salah satu strategi promosi, pemilik olshop kerapkali merekrut endorser yang notabene merupakan akun-akun selebgram dengan followers di atas 10k. Endorsement ini bertujuan untuk memperkenalkan produk real dari olshop tersebut, dengan demikian olshop jadi lebih bisa dipercaya. Jika olshop dengan puluhan ribu followers belum pernah melakukan endorsement, patutlah dicurigai.

  1. Harga Terlalu Murah.

Jika banderol harga terlalu murah bahkan jauh lebih murah dari harga pasaran, maka berhati-hatilah, bisa jadi itu adalah barang abal-abal atau bahkan itu bisa jadi indikasi dan merupakan ciri-ciri olshop penipu di Instagram yang wajib dihindari.

Baca juga : Inilah Beberapa Tips Agar Aman Belanja di Tokopedia

Selain mengetahui ciri-ciri olshop tipu-tipu seperti di atas, pastikan juga olshop tersebut benar-benar aktif, mulai dari upload foto hingga mem-follow akun orang lain, dilakukan oleh penjual, bukan oleh software. Jika tidak, maka bisa dipastikan itu adalah salah satu ciri-ciri olshop penipu di Instagram. Sebagai konsumen, kita harus cerdas dan teliti sebelum membeli.

Leave a Reply