Kelebihan TV LCD/LED dan cara merawatnya

4
14
Keluargasamawa.com – Televisi merupakan media hiburan yang sering kita tonton bersama keluarga dirumah. Perkembangan teknologi layar LCD atau LED yang digunakan pada televisi sekarang ini lebih diminati oleh masyarakat, karena Layar LCD memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan dari pada layar tabung biasa atau CRT diantaranya yaitu lebih hemat dalam konsumsi daya listrik.
TV LCD

Kelebihan TV LCD/LED

  • Gambarnya yang lebih tajam resolusi yang lebih tinggi, serta radiasi yang dihasilkan juga lebih rendah.
  • Mudah ditempatkan didalam ruangan, tidak memerlukan tempat yang luas karena layarnya yang tipis
  • Fasilitas yang lebih lengkap karena sebagian besar TV LCD sudah dilengkapi dengan usb conector untuk memutar musik, melihat foto, menonton film yang disimpan pada usb, hardis yang dihubungkan dengan konektor usb.
  • LCD tv juga sudah dilengkapi dengan koneksi VGA dan HDMI sehingga bisa dihubungkan dengan gadget baik laptop, komputer atau tablet pc.
  • Lcd tv juga memiliki kelebihan yaitu daya konsumsi listrik yang lebih  rendah sehingga lebih hemat listrik.
Supaya televisi lcd kita lebih awet maka harus dirawat dengan sebaik-baiknya :
  • Bersihkan TV LCD secara teratur dan benar. 
Prosedur pembersihan yang salah pada Lcd malah bisa menyebabkan kerusakan secara permanent  maka harus dibersihkan dengan benar yaitu ketika membersihkan layar Lcd kondisikan dalam keadaan off sebaiknya gunakan cairan khusus yang sudah tersedia dipasaran yaitu Lcd cleaner kit. Semprotkan Cleaner kit pada kain yang lembut jangan langsung disemprotkan pada layar Lcd. Kemudian bersihkan kotoran dan debu-debu yang menempel pada LCD dengan lembut.
  • Gunakan TV LCD dengan bijak
Gunakan tv lcd secara bijaksana, setiap alat elektronik tentu akan menghasilkan panas ketika dinyalakan dan akan bertambah panas jika dinyalakan secara terus-menerus, maka sebaiknya  tidak menyalakan TV secara terus menerus nonstop supaya tidak terjadi panas berlebih yang bisa menimbulkan kerusakan. Mencabut jek dari listrik ketika tidak digunakan.
  • Letakan TV LCD ditempat yang baik
Tempatkan TV LCD pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, perhatikan juga suhu dan kelembaban udara. Pastikan sirkulasi pembuangan panas baik.
  • Gunakan antena TV yang baik

Gunakan kabel dan antena TV yang baik untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan jernih.

Terimakasih semoga bermanfaat.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.