Kekurangan Dan Kelebihan Ta’aruf Versus Pacaran Yang Wajib Anda Tahu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pacaran. Istilah tersebut sudah menjadi sangat populer sejak seseorang menginjak usia remaja. Akan tetapi tahu kah anda bahwa sebenarnya pacaran tersebut bukan lah hal yang dibolehkan dalam agama islam. Pacaran dalam agama islam bahkan diharamkan karena memiliki lebih banyak keburukannya jika dibandingkan dengan kebaikannya. Untuk menggantikan pacaran tersebut, di dalam islam dikenal istilah ta’aruf. Namun ta’aruf dan pacaran merupakan dua hal yang sangat berbeda jauh. Pada pembahasan kali ini akan dibahas lebih banyak mengenai kekurangan dan kelebihan ta’aruf versus pacaran yang wajib anda ketahui.

Ada banyak kekurangan dan kelebihan ta’aruf versus pacaran yang belum diketahui oleh banyak orang. Kekurangan pertama dari pacaran adalah mendapatkan dosa. Hal ini dikarenakan pacaran yang haram di mata allah. Selain itu, pacaran juga tidak memiliki tujuan yang jelas. Ada banyak kejadian dimana orang yang sudah berpacaran lama malah berakhir putus di tengah jalan tanpa sempat melangkah ke jenjang yang lebih serius. Ada pun kelebihan dari menjalankan ta’aruf adalah sebagai berikut.

kekurangan dan kelebihan ta’aruf versus pacaran

kekurangan dan kelebihan ta’aruf versus pacaran

  • Menghidarkan diri dari dosa dan fitnah

Melakukan ta’aruf akan membuat anda terhindah dari perbuatan dosa dan juga fitnah dari orang orang sekitar anda yang meliahtnya.

  • Tujuan yang jelas

Orang yang menjalani ta’aruf memiliki tujuan yang jelas. Hal ini disebabkan karena ta’aruf merupakan salah satu dari tahapan yang perlu dilewati untuk menikah dalam Islam.

  • Memiliki jangka waktu yang lebih pendek

Ta’aruf memiliki jangka waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan pacaran, yakni hanya tiga bulan saja. Meski pun begitu, jangka waktu yang pendek tersebut memiliki masa depan yang lebih jelas.

  • Menunjukkan kesiapan mental

Menjalani ta’aruf dapat menunjukkan kesiapan mental seseorang. Apa lagi jika dilihat tujuan dari ta’aruf yang menuju ke pernikahan, maka orang yang menjalani ta’aruf dapat dipastikan memilki kesiapan mental yang cukup untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

  • Tidak membuang waktu dan uang

Berpcaran pastinya membutuhkan waktu dan uang yang harus diluangkan agar bisa bertemu. Akan tetapi berbeda halnya dengan ta’aruf, menjalani ta’aruf bahkan bisa dilakukan lewat perantara atau pun mediator sehingga anda tidak perlu membuang waktu dan uang.

Baca juga : Inilah Tata Cara Serta Adab Ta’aruf Menurut Islam

Sebenarnya jika ditinjau lebih jauh, ta’aruf jelas lebih baik dari pada pacaran. Dengan melakukan ta’aruf, seseorang tetap bisa bertemu dan mengenal calon pasangan hidupnya tanpa khawatir akan dosa yang berlipat. Selain itu, saat menjalani ta’aruf seseorang akan lebih mudah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari calon pasangan. Demikian lah pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan ta’aruf versus pacaran yang wajib anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply