RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Kegiatan Menarik yang Hanya Ada Selama Bulan Ramadhan

Tak heran bila umat muslim menganggap bulan Ramadhan sebagai bulan spesial. Bukan hanya terkait banyaknya pahala yang bisa kita dapat, namun juga karena ada beragam kegiatan menarik yang hanya bisa dilakukan di bulan ini. Nah, penasaran, kira-kira apa saja kegiatan menarik yang hanya ada selama bulan Ramadhan tersebut? berikut beberapa diantaranya

Kegiatan Menarik yang Hanya Ada Saat Ramadhan

  1. Sahur On The Road

Yap, sahur on the road menjadi salah satu kegiatan wajib di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Biasanya para remaja, sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bagaimana tidak, suasana malam menjelang dini hari yang biasanya sepi, menjadi selalu ramai ketika bulan ramadhan. Sehingga moment ini dijadikan ajang silahturahim untuk makan sahur bersama di pinggir jalan.

Tak jarang juga dari mereka yang sahur on the road turut membagikan makan gratis untuk para tunawisma yang mereka temui di jalanan. Tentunya Anda perlu mencoba sahur on the road di puasa tahun ini, dan rasakan sendiri keasyikannya.

Kegiatan Menarik yang Hanya Ada Saat Ramadhan

Kegiatan Menarik yang Hanya Ada Saat Ramadhan

  1. Buka Bersama

Buka bersama juga merupakan kegiatan menarik yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan. Dari buka bersama teman sekolah, teman kantor, saudara, pacar, bersama keluarga, siapapun mereka, tetap saja yang namanya buka bersama adalah kegiatan mengasyikkan. Biasanya, tempat-tempat yang dijadikan acara buber atau buka bersama tersebut, merupakan tempat yang istimewa, entah itu cafe, restoran, dan lain sebagainya. Bisa dibilang kegiatan ini sudah menjadi kegiatan wajib di bulan ramadhan. Dan tahukah anda, tidak hanya umat muslim saja yang melaksanakan buka bersama, bahkan umat lain pun juga ikut seru-seruan atau sekedar menghormati teman/saudara untuk ikut makan bersama.

Baca juga : Referensi Wisata Kuliner Asik Untuk Berbuka Puasa di Jakarta dan Bandung

  1. Ngabuburit

Nah ini dia kegiatan yang tak kalah wajibnya dibanding buka bersama, yaitu ngabuburit. Siapa sih yang tak senang dengan ngabuburit saat bulan puasa. Hampir setiap sore sepanjang bulan puasa, jalanan dan taman-taman ramai dengan orang-orang yang ngabuburit. Mereka yang ngabuburit mengisi waktu menunggu buka puasa dengan sekedar jalan-jalan, bercanda ria, bermain, atau membeli beragam jajanan yang mereka temui di jalanan untuk dijadikan menu berbuka.

Saat ngabuburit biasanya juga banyak sekali jajanan yang ditawarkan. Bahkan tidak hanya jajanan berbentuk makanan dan minuman, tapi tak sedikit yang membeli baju-baju atau mainan.

  1. Pembagian Ta’jil

Acara lainnya yang juga hanya ada saat Ramadhan adalah pembagian ta’jil, baik di jalan-jalan, atau di masjid-masjid. Hal ini sudah menjadi agenda wajib bagi banyak kalangan. Untuk orang-orang yang pulang kerja dan tidak sempat membeli makanan, maka pembagian ta’jil gratis ini tentu sangat bermanfaat. Kadang juga ditaruh beberapa dus air mineral gratis di pinggir jalan oleh warga sekitar.

  1. Berjualan Beragam Menu Berbuka di Sore Hari

Mungkin anda ingin mencoba peruntungan di dunia perdagangan. Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk anda mencoba kegiatan ini. Khususnya untuk anda yang menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa, sudah dipastikan dagangan anda akan ramai pembeli. Saat puasa, orang-orang juga cenderung untuk membeli makanan atau minuman untuk berbuka di rumah karena  tentunya berbuka bersama dengan anggota keluarga dirumah, menjadi moment yang sangat menyenangkan.

Menu Berbuka

Menu Berbuka

  1. Shalat Tarawih dan Memperdalam Ilmu Agama

Bukan hanya kegiatan-kegiatan berbuka dan sahur yang menarik di dalam ramadhan. Tapi juga kegiatan beribadah bersama. Biasanya setiap shalat tarawih, di kebanyakan masjid besar, mengundang para ustad untuk berdakwah. Sehingga moment ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk memperdalam ilmu agama kita selama bulan puasa.

Baca juga : Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan

Nah, itulah diatas beragam kegiatan menarik yang hanya ada di bulan puasa atau pada bulan suci ramadhan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.