LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Kapan Bayi Tumbuh Gigi dan Bagaimana Ciri-cirinya?

KeluargaSamawa.com – Kapan Bayi Tumbuh Gigi dan Bagaimana Ciri-cirinya? Pertanyaan ini sering keluar dari mereka para pasangan muda yang baru mempunyai buah hati. Dan itu memang hal yang wajar, karena sebagai orang tua baru, tentu mereka belum berpengalaman dalam tumbuh kembang sang anak.

Nah terkait pertanyaan kapan bayi tumbuh gigi, perlu diketahui bahwa memasuki usia 6 bulan merupakan masa dimana bayi mengalami masa-masa tumbuh gigi. Meskipun begitu, usia bukanlah patokan yang pasti. Karena bisa saja sebelum 6 bulan ataupun bahkan setelah 6 bulan. Hal ini karena tumbuh kembang setiap bayi biasanya berbeda-beda.

Tapi setidaknya dengan mengetahui fase-fase pertumbuhan bayi secara umum, anda bisa melakukan persiapan jika tiba-tiba bayi anda rewel tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini dikarenakan si kecil mulai tumbuh gigi.

Nah, untuk menambah wawasan terkait hal tersebut, berikut ini adalah ciri-ciri buah hati anda sedang mengalami fase tumbuh gigi, yang sebaiknya bunda ketahui.

  • Demam Ringan

Peradangan pada gusi dapat mengakibatkan demam ringan pada bayi. Meskipun begitu, anda harus jeli untuk mengetahui penyebab demam. Karena selain peradangan pada gusi, demam juga diakibatkan karena bayi anda akan terkena flu atau gangguan kesehatan lainnya. Jika demam yang dialami bayi anda lebih dari 3 hari, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter teerdekat.

Baca juga : Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

  • Nafsu Makan Berkurang

Gigi yang terus menekan gusi tentu akan membuat buah hati anda merasa kurang nyaman. Hal ini berdampak pada nafsu makan bayi anda. Jangankan untuk makan, untuk meminum susu atau asi saja terkadang membuat sakit pada gusi semakin memburuk. Meskipun wajar, anda juga harus tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi buah hati anda.

Kapan Bayi Tumbuh Gigi dan Bagaimana Ciri-cirinya

Kapan Bayi Tumbuh Gigi dan Bagaimana Ciri-cirinya

  • Sering Menggigit

Buah hati anda akan lebih sering meraba gusi mereka ketika tumbuh gigi. Hal ini dikarenakan pelampiasan rasa sakit saat tumbuh gigi. Mereka akan menggigit-gigit barang-barang disekitarnya. Bunda bisa memberikan mainan yang didesain khusus untuk digigit atau sering disebut teether. Selain itu, jangan kaget jika nanti buah hati anda juga akan menggigit-gigit putting susu anda ketika menyusu.

Baca juga : Tahapan-tahapan Balita Dalam Belajar Berbicara

  • Mengeces atau mengeluarkan air liur

Masa-masa pertumbuhan gigi bayi anda ternyata juga merangsang pengeluaran air liur pada bayi anda. Perlu anda ketahui juga bahwa air liur yang keluar ternyata bisa menyebabkan ruam pada kulit bayi. Biasanya ruam muncul disekitar mulut, dagu, leher ataupun daerah yang terkena air liur. Anda bisa meminimalisir ruam ini dengan mengelap bagian kulit yang terkena air liur dengan sapu tangan atau handuk yang lembut.

  • Mudah rewel

Rasa sakit karena gigi yang terus menekan gusi membuat bayi rewel tanpa alasan yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Biasanya rewel pada buah hati anda ini bisa berlangsung hingga berjam-jam ataupun berhari-hari. Tentu hal ini akan sangat menguji kesabaran bunda.

Baca juga : Tahapan-tahapan Balita Dalam Belajar Berjalan

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan kapan bayi tumbuh gigi? Nah, apapun itu, sebagai orang tua yang bijak kita harus selalu bersabar, dalam mendampingi serta memantau bagaimana tumbuh kembang sang buah hati.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.