Jawaban Tepat Interview Kerja Mengapa Berhenti di Perusahaan Sebelumnya ?

Mengapa berhenti dari pekerjaan anda sebelumnya ? Pertanyaan satu itu akan sangat menjebak anda dalam situasi yang tidak enak saat wawancara. Namun tetaplah tenang jika bertemu dengan pertanya tersebut. Karena sebenarnya pewawancara hanya ingin mengejar jawaban jujur dari pertanyaan tersebut. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk menentukan calon karyawan yang tepat dan mampu menjaga reputasi perusahaan.

Untuk menghadapi pertanyaan seperi itu anda harus banyak-banyak mengeluarkan pendapat positif. Jangan berikan jawaban yang menuju ke arah negatif seperti menjelek-jelekkan perusahaan lama. Karena hal itu malah akan membuat penilaian terhadap diri anda semakin menurun.

Baca juga : Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Nah, berikut ini ialah 3 hal penting yang bisa anda gunakan dalam menjawab pertanyaan menjebak, Mengapa berhenti di pekerjaan sebelumnya ?.

Pertama berikan jawaban positif

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, memberikan jawaban negatif hanya akan memberikan kesan tidak baik untuk anda. Tidak usah repot-repot menjelaskan keburukan perusahaan lama, teruslah berfikiran positif. Berikan jawaban positif dengan menjelaskan pengalaman kerja dan pelajaran yang anda terima dari perusahaan lama. Jelaskan juga alasan yang membuat anda resign dari perusahaan lama. Jawaban-jawaban baik yang positif akan memberikan aura positif dalam ruang wawancara.

Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Berikan informasi secukupnya dan tidak berlebihan

Saat menjawab pertanyaan seputar alasan pengunduran diri di perusahaan yang lama, sebaiknya berikan informasi yang penting saja. Anda tidak perlu menjawab dengan kalimat yang terlalu banyak membuka informasi seperti gaji yang diterima tidak sesuai dengan beban pekerjaan, atau pekerjaan lama tidak ada tantangannya atau juga di pekerjaan lama pimpinannya tidak baik. Semua itu tidak perlu anda lakukan. Fokuslah pada jawaban yang akan meningkatkan nilai anda seperti “saya sedang mencari pekerjaan yang lebih menantang seperi perusahaan anda” atau “saya harus bisa membayar cicilan rumah dengan pendapatan yang bisa saya peroleh jika bekerja keras di perusahaan anda”. Jawaban diplomatis tersebut lebih efektif untuk memenangakan hati pewawancara.

Fokus dengan masa depan

Menjawab pertanyaan ini sebenarnya tidak sulit, berikan saja jawaban yang menjelaskan rencana masa depan anda. Berikan pengertian tentang hal-hal baru yang akan anda pelajari di perushaan baru. Sehingga pewawancara akan mengganggap diri anda adalah pribadi yang giat belajar dan berdedikasi tinggi untuk perusahaan mereka. Informasi tersebut jauh lebih berguna dari pada anda harus capek menjelaskan alasan pengunduran diri anda dari perusahaan lama. Anda akan terlihat lebih profesional.

Baca juga : Tips Terbaik Agar Segera Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Banyak pertanyaan jebakan yang akan anda hadapi saat proses wawancara berlangsung. Meski menegangkan dan tidak mudah, namun semua itu pasti bisa dihadapi dengan baik. Tetaplah percaya diri, tenang dan selalu berfikiran positif saat menjawab pertanyaan wawancara untuk bisa lolos tahap pencarian kerja tersebut. Semoga sukses.

Leave a Reply