LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Jangan Sepelekan Jika Berdarah Saat Gosok Gigi

Pernahkah sobat-sobat berdarah ketika gosok gigi, cirinya bisa dilihat berwarna putih campur merah pada busa pasta gigi. Hal ini memang sering dialami oleh seseorang, namun banyak yang tidak tahu bahwa tanda tersebut merupakan gejala awal kerusakan pada gusi atau radang gusi (gingivitis), bahkan terkadang menyepelekannya karena beranghapan bahwa gusi berdarah akibat dari terlalu kerasnya dalam menyikat gigi.
Plak bisa menyebabkan gusi berdarah
Jika kebiasaan gusi berdarah terus berlanjut maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Gusi berdarah gingivitis biasa disebabkan oleh penumpukan plak yang menempel antara gusi dengan gigi. Penumpukan plak terjadi karna adanya kuman-kuman pada air liur yang menempel dipermukaan gigi.
Kurang bersihnya atau jika malas gosok gigi plak tertimbun untuk waktu yang lama, akibatnya bisa terjadi maturasi atau pematangan. Plak yang sudah matang akan mengeras dan menjadi karang gigi yang sulit dihilangkan dengan hanya sikat gigi.
Karang gigi yang menempel inilah yang akan menyebabkan peradangan gusi, bila semakin lama dibiarkan bisa menyebkan gusi membengkak dan darah akan sering keluar dari gusi dan lama kelamaan bisa menyebabkan gigi goyang dan bisa tanggal, Maka pelu adanya pemeriksaan kedokter gigi untuk dibersihkan supaya gusi tidak berdarah lagi.
Terimakasih semoga bermanfaat.

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.