Jangan Sampai Salah! Ini Tips Merawat Bayi Baru Lahir

0
15

Tips merawat bayi yang baru lahir seringkali menjadi tantangan tersendiri terutama bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai anak. Beberapa hal membutuhkan perhatian ekstra terkait cara merawat si kecil terutama di momen-momen awal kehidupannya.

Hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir, membutuhkan perhatian ekstra ketimbang yang sudah berbulan-bulan. Misalnya kulit bayi baru lahir sangat sensitif sehingga ibu-ibu tidak boleh sembarangan.

merawat bayi

Baca juga : Tips mengatasi anak susah makan

4 Cara Yang Wajib Dilakukan Saat Merawat Bayi Baru Lahir!

Bayi baru lahir harus menyusu tiap 1 sampai 2 jam

Bayi baru lahir memiliki ukuran lambung yang kecil sehingga, ibu perlu memberinya susu dalam jumlah yang sedikit namun sering. Biasanya bayi akan menyusu 1-2 jam dalam beberapa hari pertama.

Ketika bayi lapar, ia akan menangis dengan kuat dan mengisap tangannya, atau mengecap-ngecap mencari puting. Bagaimana jika bayi tidur terus? Walaupun bayi memiliki waktu tidur yang cukup panjang, Anda tetap perlu membangunkannya dan tetap memberi susu. Usahakan juga bayi tidak tertidur lagi ketika menyusu.

Gumoh? Pertanda Apakah Itu?

Seringkali ketika bayi menyusu, ia mengeluarkan lagi susu tersebut dari mulutnya. Itulah yang disebut dengan gumoh. Gumoh terjadi karena fungsi katup antara esofagus dan lambung belum sempurna. Selain itu, ukuran lambung bayi yang kecil juga dapat menjadi salah satu penyebab bayi gumoh.

Nah, bagaimana tips merawat bayi gumoh? Untuk mencegah terjadinya gumoh, setelah ia selesai menyusu posisikan bayi Anda dalam posisi tegak selama 30 menit dan biarkan bayi Anda bersendawa.

Bayi baru lahir tidur selama 1618 jam per hari

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa durasi tidur bayi memang cukup panjang. Biasanya bayi tidur selama 1 sampai 2 jam dalam sekali tidurnya. Jika dijumlahkan dalam satu hari bayi baru lahir dapat tertidur selama 16 hingga 18 jam.

Bayi baru lahir butuh kehangatan

Bayi belum memiliki kemampuan mengatur suhu tubuhnya dengan efektif seperti anak atau orang dewasa. Penyebabnya adalah karena lemak yang dapat berfungsi menjaga tubuh tetap hangat, jumlahnya masih sedikit pada bayi.

Tips merawat bayi agar bayi tetap hangat yaitu dengan memakaikan pakaian, topi, dan membedong bayi. Jangan lupa periksa suhu tubuh bayi Anda. Usahakan agar ia tidak kedinginan atau malah kepanasan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Bayi Berumur 3-6 Bulan

Pantau Perkembangan Berat Badan Si Kecil

Si Kecil yang baru lahir lebih banyak memiliki cairan tubuh dan akan cepat hilang dalam beberapa hari. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi berat badan bayi. Berat badan bayi akan berkurang selama lima hari pertama dan akan naik kembali dalam lima hari berikutnya. Pada hari kesepuluh, berat badan bayi akan kembali ke berat badan saat pertama kali dilahirkan.

Normalnya bayi akan tumbuh dengan cepat setelah kembali ke berat badan lahirnya. Terutama selama masa pertumbuhan pada hari ke-7 sampai hari ke-10 dan pada minggu ke-3 sampai minggu ke-6.

Baca juga : Tips supaya anak tidak manja

Merawat dan Menjaga Kebersihan Tali Pusar

Umumnya tali pusar mengering dan akan terlepas dengan sendirinya saat bayi usia 7 hari. Akan tetapi, tali pusar bisa saja terlepas hingga bayi berusia 10-14 hari. Bagaimana cara merawat tali pusar? Menurut ketentuan medis, perawatan tali pusar tidak perlu memakai cairan apapun. Cukup dengan menjaganya tetap kering dan bersih.

Aturan Memandikan Si Kecil Usia 1-3 Bulan

Selama tali pusar belum terlepas, bayi cukup dimandikan dengan air hangat dan diseka menggunakan waslap atau spons. Pada saat tali pusar sudah terlepas, bayi sudah boleh dimasukkan ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Untuk tips merawat bayi supaya kulitnya tetap sehat, gunakanlah produk kosmetik seminimal mungkin, mengingat perkembangan kulitnya yang masih sangat sensitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.