LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Jangan Cemas Bunda, Begini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar

Semua orang tentu sudah merasakan yang namanya cegukan. Cegukan ini memang bisa terjadi pada siapa saja dan tak mengenal usia maupun gender. Bukan hanya dari orang dewasa saja, bayi yang baru lahir sekalipun kerap mengalaminya. Sebenarnya cegukan sendiri bukanlah sesuatu yang berbahaya, namun kebanyakan orang tua sering merasa cemas jika kondisi seperti ini terjadi pada bayi mereka.

Pada bayi, cegukan akan hilang dengan sendirinya dan juga tidak akan mempengaruhi kesehatan sang bayi. Kondisi bayi yang sering mengalami cegukan biasanya terjadi karena fungsi saraf belum matang sehingga tidak dapat mengatur diafragma dengan baik. Meskipun tidak berbahaya, jika hanya dibiarkan begitu saja rasanya cukup mengganggu kenyamanan bayi. Karena itu, alangkah lebih baiknya jika para orang tua mengetahui cara-cara mengobati cegukan berikut ini.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar :

  1. Menepuk Punggung Bayi

Langkah awal yang bisa dilakukan jika bayi Anda mengalami cegukan adalah menggendong si kecil dengan posisi seperti berdiri dimana kepala bayi diletakkan di pundak ibu. Setelah itu, tepuk-tepuk punggung si bayi dengan kekuatan sedang,  jangan terlalu keras namun juga  tidak terlalu lembut. Tepuk hingga bayi terlihat mulai bersendawa.

Baca juga : Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

  1. Ubah posisi menyusui

Salah satu penyebab cegukan yang cukup umum adalah adanya udara yang ikut masuk ke mulut bayi saat sedang menyusui. Karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah posisi menyusui sehingga bisa membatasi jumlah udara yang masuk ke mulut bayi. Apabila cegukan masih terus terjadi bahkan frekuensinya lebih sering maka hentikan dulu pemberian ASI untuk sementara karena dikhawatirkan akan membuat bayi tersedak.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar

Anda juga tidak perlu merasa khawatir jika bayi Anda sering mengalami kondisi seperti ini, karena seiringnya berjalannya waktu bayi pun akan memiliki keseimbangan pada sistem tubuhya sehingga dia tidak akan sering mengalami cegukan lagi.

  1. Sendawakan Bayi setelah di beri Susu

Jika ingin si kecil terhindar dari kondisi cegukan, maka sebaiknya selalu sendawakan bayi setiap selesai memberikan ASI pada sang buah hati. Dengan bersendawa, maka udara berlebih yang masuk ke perut bayi dapat keluar sehingga resiko cegukan pun bisa berkurang.

Untuk membuat bayi bersendawa, caranya yaitu dengan memposisikan bayi berdiri dimana badan bayi berada dibagian pundak si ibu lalu beri pijatan dan tepukan lembut pada punggungnya. Hal ini tentu saja akan membuat bayi tenang dan rileks sehingga resiko cegukan yang dialami pun bisa berkurang.

Baca juga : Cara Terbaik dalam Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Itulah beberapa Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar. Dengan mengikuti saran-saran di atas, resiko cegukan pada bayi pun bisa berkurang dan jika sewaktu-waktu terjadi cegukan pada bayi, Anda sebagai orang tua pun tidak perlu lagi merasa cemas karena sudah mengetahui cara-cara mudah untuk mengatasinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.