LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Jangan biasakan mencontek saat ujian

Siapa yang pernah mencontek saat ujian ngaku ? Jujur saya sendiri dulu ketika masih duduk di bangku sekolah juga pernah mencontek tapi ga sering loh, kalau kepepet. Apasih sebenarnya yang membuat siswa mencontek yang pertama biasanya karena kurangnya persiapan untuk menghadapi ujian. 

Bisanya sebagian besar siswa hanya akan belajar kalau ada tugas atau PR, jika tidak ada maka tidak belajar. Siswa baru akan belajar ketika menghadapi ujian atau biasa orang menyebutnya dengan sistem belajar SKS (sistem kebut semalam). Mengulang mata pelajaran yang akan di ujikan dalam semalam, sementara dalam satu hari biasanya ada 2 sampai 3 pelajaran yang akan di ujikan sangat berat dan pastinya hanya sedikit pelajaran yang bisa masuk ke otak kita.
Mengulang pelajaran pada malam hari secara rutin, setidaknya 1 jam setiap hari bisa untuk membantu dalam mengingat materi pelajaran yang telah di ajarkan disekolah. sehingga ketika ujian  ttidak banyak beban yang harus di ulang dan bisa menyelesaikan ujian dengan baik. Terutama pelajaran-pelajaran eksak atau hitungan seperti pelajaran matematika, Fisika, Kimia, Akutansi, sangat memerlukan banyak  latihan secara rutin.

Jangan biasakan mencontek, mencontek hanya merugikan diri kita sendiri yaitu diantaranya jika kita mencontek kepada teman kita menjadi tidak PD untuk menjawab soal, menjadi tergantung kepada contekan teman, menggangap bahwa jawaban teman lebih benar, padahal belum tentu jawaban teman yang paling benar. Menjadi kebiasan, mencontek jika di biasakan bisa membuat seseorang malas untuk belajar kita akan ketinggalan pelajaran karena ketidak pahaman materi pembelajaran. Apabila ketahuan mencontek bisa-bisa kita mendapatkan sanksi berat dari sekolah dan mendapatkan nilai yang lebih buruk.

Stop mencontek, persiapkan waktu sebelum ujian dengan sebaik-baiknya.

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.