LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Istilah Keluarga Samawa dalam Pernikahan

Memiliki keluarga sakinahmawadah warahmah tentu saja menjadi hal yang sangat diimpikan oleh setiap orang yang telah menikah dengan pasangannya. Kita tentu sering mendengar jika istilah yang satu ini tidak akan terlupa dalam ucapan selamat dan doa dari para tamu undangan. Akan tetapi, apakah anda paham tentang arti keluarga sakinah mawaddah dan warahmah tersebut? Jika anda belum benar-benar memahami makna atau arti dari istilah yang satu ini, tidak ada salahnya jika anda langsung menyimak ulasan yang akan diberikan sebagai berikut.

Istilah Keluarga Samawa dalam Pernikahan

Istilah Keluarga Samawa dalam Pernikahan

Dalam hal ini, yang harus benar-benar anda pahami ialah soal arti keluarga samawa tersebut. Istilah yang berasal dari bahasa Arab ini merupakan sebuah istilah Islam yang sangat terkenal dan sangat berkaitan dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu, arti dari keluarga sakinah mawaddah warohmah itu sendiri sebenarnya telah dibahas dalam kitab suci Al-Quran.

Di dalam Al-Quran, istilah tersebut tercantum dalam surah Ar-Rum ayat 21. di sana, ada sebuah penjelasan mengenai setiap kata yaitu kata sakinah, mawaddah, dan warahmah. Kata tersebut memiliki arti yang berbeda yang mana sakinah untuk tentram, mawaddah untuk cinta sedangkan warahmah untuk kasih dan sayang.

Dari ayat di atas, kita dapatkan sebuah pengertian dari keluarga samawa yaitu sebuah bahtera rumah tangga yang dibangun oleh sepasang kekasih tentu saja jika dibangun atas dasar kecintaan mereka kepada Allah SWT akan membuat mereka menjadi pasangan yang saling menenteramkan, saling mencintai dan juga saling menyayangi satu sama lain. Berlandaskan dengan istilah yang satu ini, untuk anda yang baru mengarungi bahtera rumah tangga dengan pasangan, hal yang harus anda pahami ialah bahwa sebuah keluarga yang samawa merupakan keluarga yang bisa membuat pasangannya tenteram dalam menjalani hidup dan juga mencari ridha dari Allah SWT.

Maka dari itu, kunci utama dalam mewujudkan sebuah keluarga samawa ialah kecintaan pasangan tersebut kepada Allah SWT sehingga setiap hal yang dihadapi dalam rumah tangga mereka akan dapat mereka lalui dengan landasan agama.

Penulis : tim AA

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.