Inilah Tips Hemat Belanja Online Saat Harbolnas Tiba, Wanita Wajib Baca!

0
13

Seperti yang diketahui Hari Belanja Online Nasional atau yang sering disingkat dengan nama Harbolnas merupakan hari untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat terkait dengan kemudahan berbelanja online. Harbolnas sendiri dicetuskan pertama kali di tahun 2012 oleh para perusahaan e-commerce di Indonesia yang umumnya bergabung dalam suatu Asosiasi.

belanja online

Pada Harbolnas ini semua e-commerce seperti Lazada, Shopee, JD id, Matahari Mall, Zalora, Blanja, Berrybenka dan Bukalapak beramai-ramai untuk menawarkan berbagai diskon belanja yang tentu menarik bagi masyarakat agar berbelanja di tempatnya. Tertarik untuk ikut belanja online saat Harbolnas berlangsung, tapi sayang dompet? Anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa Tips Hemat Belanja Online yang bisa Anda terapkan.

Baca juga : Tips bekerja tanpa stress

Cara Belanja Online Dengan Aman dan Cermat Saat Harbolnas

Tentukan Barang yang Dibeli

Sebenarnya ada banyak sekali cara hemat berbelanja online yang bisa diterapkan agar Anda bisa belanja dengan hemat dan cermat. Salah satunya yaitu menentukan terlebih dahulu barang yang akan dibeli. Cara yang satu ini memang terdengar umum, namun bisa menyelamatkan isi kantong Anda dari ā€œ godaan diskonā€ yang biasanya mencapai diskon 95 persen pada beberapa barang tertentu.

Tertarik untuk berbelanja online? Agar tidak menguras gaji Anda, tidak ada salahnya untuk membuat daftar barang yang akan dibeli sesuai dengan keinginan dan prioritasnya.

Mengatur Anggaran Belanja

Tips Hemat Belanja Online saat Harbolnas selanjutnya yaitu mengatur bujet untuk belanja online. Lalu, Bagaimana cara mengatur bujet belanja online? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memisahkan uang untuk belanja online dari tabungan dan pengeluaran lainnya agar tidak tercampur.

Seperti yang diketahui saat Harbolnas banyak sekali perusahaan yang menawarkan banyak sekali diskon hingga 95 persen pada beberapa barang tertentu. Agar tidak tergoda dengan banyaknya diskon yang ditawarkan tersebut Anda perlu mengatur anggaran atau bujet belanja pada Harbolnas.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Cara ketiga agar bisa belanja hemat saat Harbolnas adalah dengan menggunakan kartu kredit. Belanja online, terutama pada saat Harbolnas, memang kadang membuat orang kalap. Hal tersebut sering membuat tagihan kartu kredit membengkak. Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tagihan kartu kredit membengkak saat berbelanja online, yaitu melakukan pembayaran secara transfer.

Mengecek Promo

Tips Hemat Belanja Online selanjutnya yaitu memantau terus promo Harbolnas dari tengah malam. Biasanya pada jam 12 malam, Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik karena ada banyak sekali promo atau diskon terbatas pada beberapa barang. Jadi pastikan untuk selalu mengecek promo yang diberikan oleh pihak e-commerce.

Baca juga: Tips agar menjadi cepat menjadi pegawai tetap

Memilih Metode Pengiriman

Dengan belanja online Anda bisa mendapatkan layanan gratis ongkos kirim untuk barang yang dipesan. Tentu layanan tersebut lebih menghemat biaya belanja Anda, bukan? Namun Jika ingin barang pesanan cepat sampai, Anda bisa memakai layanan Grab Express dari Grab atau GO-SEND dari GO-JEK saat memilih metode pengiriman.

Melalui metode pengiriman tersebut, barang yang Anda pesan bisa sampai lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan. Pastikan untuk memilih metode pengiriman yang tepat, sebab akan ada banyak sekali orang yang berbelanja saat Harbolnas. Pengiriman barang pastinya akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Selanjutnya setelah menerapkan beberapa tips diatas, hal yang bisa Anda lakukan adalah Sabar menunggu barang sampai ke tangan Anda. Sambil menunggu barang pesanan sampai tidak ada salahnya memanfaatkan waktu untuk berbelanja produk yang lainnya.

Demikian tadi beberapa Tips Hemat Belanja Online saat Harbolnas yang bisa di coba. Hal terpenting dalam belanja online adalah pastikan online shop yang digunakan benar-benar terpercaya, sehingga berhati-hatilah dalam memilih online shop. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.