LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur yang Sebaiknya Kita Amalkan

Sunnah Rasulullah sebelum tidur – Tahukah Anda, bahwa segala sesuatu yang kita lakukan bisa bernilai ibadah, tentunya apabila yang kita lakukan itu sesuatu yang positif dan semata-mata dilakukan karena Alloh. Terlebih jika kita melakukan sunnah Rasulullah. Dan pada ulasan kali ini, kami akan ulas mengenai sunnah Rasulullah sebelum tidur. Bukan hanya sekadar berdoa, tetapi beberapa aktivitas lain juga dinilai sebagai ibadah dan menambah pahala.

Nah, apa sajakah sunnah Rasulullah sebelum tidur itu? Yuk, simak ulasan di bawah ini:

  1. Melaksanakan Sholat Witir

Sunnah Rasulullah sebelum tidur yang pertama adalah sholat witir. Rasulullah melaksanakan sholat witir sebelum ia tidur. Hal tersebut dilakukan jika beliau tidak bangun di malam hari untuk melaksanakan qiyamul lail. Sebagaimana yang telah diwasiatkan dalam HR. Bukhari, seperti dalam kalimat berikut ini:

““Kekasihku yaitu Rasulullah SAW yang mewasiatkan kepadaku dalam tiga wasiat yaitu: berpuasa tiga hari setiap bulan, melaksanakan sholat dhuha dua rakaat, serta mengerjakan witir sebelum tidur.”

Amalan sunah sebelum tidur

Amalan sunah sebelum tidur

Baca juga : Manfaat Dan Keutamaan Sholat Tahajud

  1. Mengibaskan tempat tidur menggunakan kain

Seperti sabda Rasulullah SAW, Daru Abu Hurairah ra mengatakan “Jika salah seorang dari kalian akan barbaring di tempat tidur, hendaknya ia berkibas-kibas tempat tidurnya terlebih dahulu itu dengan sarung (kain)nya. Karena dia tidak tahu apa yang telah terjadi pada tempat tidurnya sebelumnya”

Bahkan secara ilmiah ternyata mengibas-ngibaskan tempat tidur sebelum tidur dapat menjaga kesehatan. Menurut penelitian saat seseorang tidur, maka sel-sel kulit mati dalam tubuh akan menempel pada tempat tidur dan menjadi kuman. Dan ketika seseorang ingin tidur kembali, maka disarankan untuk mengibas-ngibas tempat tidur terlebih dahulu untuk membersihkan tempat tidur. Karena jika tidak, maka kuman akan menempel pada tubuh kita.

  1. Wudhu sebelum Tidur

Sunnah Rasulullah sebelum tidur selanjutnya adalah melakukan wudhu sebelum tidur. Berwudhulah sebelum tidur, seperti saat berwudhu untuk melaksakan sholat.

Baca juga : Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

  1. Matikan Api atau Lampu, Menutup Pintu dan Bejana

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, seperti dalam kalimat berikut “Padamkanlah lampu di malam hari saat kalian hendak tidur di malam hari, kemudian kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan serta minuman”.

  1. Tidur Berbaring di Sisi Sebelah Kanan

Seperti yang Rasulullah sabdakan, sebagaimana dalam kalimat berikut ini: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu“ dalam HR. Bukhari dan Muslim). Sementara di dalam riwayat lain, dikatakan ” Apabila tidur Rasulullah SAW, beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya“ dalam HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban.

  1. Membaca mu’awwidzatain

Sunnah Rasulullah sebelum tidur selanjutnya adalah membaca mu’awwidzatain yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq serta An-Naas sebelum beranjak tidur.

  1. Membaca Ayat Kursi

Dengan membaca ayat kursi sebelum tidur, bertujuan untuk menjauhkan setan di malam hari. Allah akan menjagamu serta setan akan menjauhimu hingga pagi hari.

  1. Membaca Doa sebelum Tidur

Hal yang juga penting yaitu membaca doa sebelum tidur. Dengan membacakan doa-doa suci, akan membuat tidur menjadi nyenyak dan terhindar dari bahaya.

  1. Membacakan Sholawat dan Dzikir

Sunnah Rasulullah sebelum tidur yang terakhir adalah membaca sholawat dan berdzikir. Meskipun merasa sangat mengantuk, akan tetapi usahakan untuk mebaca surat-surat pendek seperti Al-Mulk, Al-Kafirun, maupun 2 ayat terakhir dari Al-Baqarah, kemudia dilanjutkan dengan berdzikir.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dalam Islam

Itulah beberapa sunnah Rasulullah sebelum tidur yang dapat Anda kerjakan. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan menjadikan kita lebih dekat dengan Allah SWT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.