Inilah Manfaat Penting Madu Untuk Bayi

0
9

Manfaat Penting Madu Untuk Bayi – Madu sangat familiar di kalangan masyarakat sebagai asupan/makanan serbaguna yang memiliki nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Dengan mengonsumsi madu, seseorang memiliki kekebalan terhadap bakteri ataupun virus. Tidak hanya itu, madu juga dipercaya sebagai obat yang bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Manfaat Madu Untuk Bayi

Pada madu sendiri terkandung vitamin C, chrysin, pinobanksin, katalase, dan pinocembrin yang ampuh menjadi antioksidan. Tidak hanya itu, madu memiliki sedikit air yang membuatnya sulit menjadi tempat berkembang mikroorganisme. Dengan begitu banyak nutrisi baik yang terkandung di dalam madu, siapapun yang mengonsumsinya dapat merasakan manfaat baik.

Madu juga merupakan makanan yang bisa dinikmati segala usia, tak terkecuali pada bayi. Berikut manfaat madu untuk bayi.“Namun ada yang perlu Anda ketahui bahwa madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi di bawah usia 6 bulan”

  • Perkuat Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terkandung pada madu mampu menjauhkan bayi dari penyakit karena daya antiseptik. Madu sangat berguna apalagi bila si bayi sedang sakit pilek. Madu bisa menambah kekebalan imun pada tubuhnya. Bahkan tak sedikit  dokter mengatakan bahwa madu adalah obat pilek alami yang baik untuk bayi.

Inilah Manfaat Penting Madu Untuk Bayi
Manfaat Madu Untuk Bayi
  • Redakan Demam

Untuk mengobati demam, Anda bisa mengandalkan madu sebagai obat alami. Caranya mudah. Anda dapat mencampur setengah sendok teh madu murni dengan satu sendok the air panas. Setelah agak dingin, Anda bisa memberikan campuran itu pada buahh hati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dianjurkan melakukan pengobatan ini dua kali sehari.

  • Perlancar Pencernaan Bayi

Vitamin C pada madu pun bisa bemanfaat untuk melancarkan pencernaan bayi. Karena vitamin C memiliki efek laksatif atau pencahar ringan. Berikanlah madu secukupnya pada bayi. Namun hindari pemakaian belebihan karena bisa menyebabkan diare.

  • Picu Pertumbuhan Bayi Lebih Maksimal

Madu memiliki banyak kandungan baik di dalamnya. Dengan mengonsumsi secara rutin, bayi akan merasakan manfaat dari nutrisi baik untuk membantu tubuhnya berkembang secara sempurna. Salah satunya, manfaat penting madu, bisa  mengawal pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Bantu Perkembangan Otak Bayi

Bayi yang mengonsumsi madu dikenal lebih cepat mengenal lingkungan sekitar. Sebab gula dalam madu memberikan energi yang cukup untuk menjalankan fungsi otak secara optimal. Tidak hanya itu, madu juga dapat meningkatkan kesehatan dan ketajaman mata bayi.

  • Makanan Bayi Supaya Tidak Monoton

Sama seperti orang dewasa, bayi pun bisa bosan bila makanan yang dikonsumsi itu-itu saja. Oleh karenaya, Anda bisa menambahkan madu sebagai selai, saat mengkonsumsi biskuit atau lainnya.

  • Perlancar Saluran Pernapasan

Bila anak Anda mengalami batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan, bisa jadi dia merasakan gejala gangguan saluran pernapasan. Gejala ini ditengarai virus atau bakteri dan kerap membuat bayi Anda akan kesulitan tidur. Memberikan madu terbukti mampu mengurangi gejala gangguan saluran pernapasan. Sebab di dalam madu terdapat dextromethorphan dan diphenhydramine yang biasanya terdapat pada obat batuk.

Dengan memberikan satu sendok teh madu setiap malam sebelum tidur, akan membuat kualitas tidur lebih nyenyak. Frekuensi batuk pun berkurang lebih dari 50 persen.

Itulah poin-poin terkait manfaat madu untuk bayi. “Namun ada yang perlu Anda ketahui bahwa madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi di bawah usia 6 bulan”. Menurut pakar kesehatan di Amerika dan Eropa, madu murni bisa terkontaminasi spora clostridium botulinum yang terdapat pada kaki lebah.

Bila hal itu terjadi, maka si kecil bisa terkena botulisme. Penyakit jenis keracunan makanan ini akan membahayakan tubuh si kecil karena mampu mengganggu sistem saraf. Dampak lainnya, bayi akan mengalami kelumpuhan otot. Buah hati tidak bisa buang air besar, tidak mampu menyusu sehinggga tubuhnya lunglai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.