Inilah Keutamaan Shalat Tahajud yang Dahsyat

Inilah Keutamaan Shalat Tahajud yang Dahsyat

Sebagaimana yang kita tahu, shalat Tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang dilaksanakan saat malam hari. Tata cara untuk melaksanakan shalat ini sebenarnya hampir sama dengan sholat sunnah yang lain, bedanya sholat tahajud dilakukan harus setelah tidur. Artinya, jika melakukan shalat tahajud dimalam hari tanpa tidur terlebih dahulu, maka shalat tersebut akan dianggap shalat sunnah malam biasa seperti shalat witir, shalat rawatib dan sebagainya.

Jumlah rakaatnya paling sedikit dua rakaat satu kali salam dan terbanyak tanpa batas, sesuai kemampuan. Menurut pandangan sebagian ulama, shalat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat spesial, karena telah disebutkan juga dalam Al-qur’an bahwa shalat tahajud bisa mengangkat derajat pengamalnya menjadi terpuji di depan Allah.

Keutamaan Mendirikan Shalat Malam Tahajud

Shalat tahajud sendiri merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Allah sendiri dalam surat Al – Isra ayat 79 telah menjelaskan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang – orang yang melakukan shalat tahajud di malam hari.

Adapun untuk lebih jelasnya terkait keutamaan shalat tahajud, diantaranya ialah :

  1. Mendapatkan kemuliaan dan kebaikan dari Allah SWT.

Ada suatu hadist yang menjelaskan keutamaan tersebut :

Dari Jabir bin Abdillah dia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda “ Sesungguhnya diwaktu malam terdapat suatu waktu, tidaklah seorang muslim mendapati waktu itu, kemudian dia memohon kebaikan kepada Allah SWT dari urusan dunia maupun urusan akhirat, melainkan Allah SWT akan memberikan kepadanya. Demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Inilah Keutamaan Shalat Tahajud yang Dahsyat
Inilah Keutamaan Shalat Tahajud yang Dahsyat

Kemuliaan dunia yang akan didapat yaitu :

  • Allah SWT akan melindungi dan menjauhkan pengamalnya dari marabahaya
  • Wajahnya akan selalu memancarkan cahaya cahaya kesholehan / kesholehahan
  • Akan banyak disegani dan dicintai oleh abdullah (hamba Allah) yang sholeh
  • Tutur kata dan kalimatnya sedikit banyak menjadi lebih berwibawa dan penuh manfaat
  • Diberikan jalan yang lebih mudah untuk memahami islam lebih jauh

Sedangkan kemuliaan di akhirat yang akan didapat adalah :

  • Ketika hari kebangkitan akan dibangkitkan dengan wajah yang cerah, ceria dan berseri
  • Mendapat kemudahan ketika dihisab
  • Dimudahkan untuk menyebrang jembatan sirothol mustaqim dengan cepat secepat kilat
  • Akan menerima buku catatan amal melalui tangan kanan yang artinya baik.

Baca juga : Masya Allah !!! Ternyata Keutamaan Sholat Dhuha sangat Luar Biasa

  1. Termasuk dalam golongan penghuni surga

Dalam Al-Quran surat Adz-Dzariyat ayat 15 – 18 telah dijelaskan bahwa orang orang yang bertaqwa akan berada di taman – taman surga dan bebas mengambil apa yang diberikan Tuhannya. Dan orang orang bertaqwa tersebu semasa di dunia adalah orang yang selalu berbuat kebaikan diantaranya orang yang sedikit tidur di malam dan memohon ampun kepada Allah di akhir malam (menjelang shubuh).

  1. Masuk surga tanpa dihisab

Baihaqi pernah meriwayatkan suatu hadist dimana Rasulullah menjelaskan nanti di hari akhir, manusia akan diletakkan di tanah lapang dan ditanyai malaikat ‘Mana Orang yang Sholat Tahajud’ namun hanya sedikit orang yang berdiri. Dan dari sedikit orang tersebut seluruhnya masuk surga tanpa dihisab sama sekali.

  1. Mendapat pahala sholat yang utama setelah sholat fardhu

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang sholat yang paling utama setelah kelima sholat fardhu dan Rasulullah menjawab, sholat sunnah di tengah malam atau sholat tahajud.

  1. Akan dihapuskan segala kesalahan dan dihindarkan dari dosa

Rasulullah pernah bersabda bahwa hendaknya umat muslim melakukan sholat malam seperti kebiasaan orang sholih sebelum mereka. Dan menjadikan sholat malam tersebut sebagai ajang taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Karena dengan begitu, Allah akan menjauhkan dari perbuatan dosa dan menghapuskan kesalahan masa lalunya.

Baca juga : 6 Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Nah itulah tadi beberapa Keutamaan Shalat Tahajud. Dengan berbagai penjelasan tadi, masihkah anda ingin melewatkan shalat malam tahajud?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.