LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Bulan Ramadhan tentunya menjadi bulan yang sangat dinanti oleh kaum Muslimim. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena bulan ini memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lainnya. Karena keistimewaan yang dimilikinya pula, ada banyak sekali anjuran agar kita mengisi Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, sehingga bulan puasa yang penuh berkah ini tidak lewat begitu saja. Karena di bulan tersebut,semua amal baik yang kita lakukan mendapat ganjaran hingga berkali lipat.

Nah, selain diatas, apa saja sih keutamaan Bulan Ramadhan bagi umat islam? Berikut jawabannya.

  • Bulan Ramadhan adalah Bulan Dimana Pahala Amal Sholeh Dilipat Gandakan

Sekalipun bukan bulan puasa, setiap kali kita mengerjakan amal sholeh, insya allah akan diganti dengan pahala oleh Allah. Namun, jika kita melakukan amal sholeh tersebut di bulan puasa, pahala yang Allah berikan pada kita berlipat ganda bahkan dalam hadits juga diriwayatkan hingga mencapai 70 kali lipat. Dengan adanya jaminan pahala seperti itu, masih mau menyia-nyiakan kesempatan yang baik di Bulan Ramadhan?

Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

  • Bulan Ramdhan adalah Bulan Pengampunan Dosa

Selain membuka peluang bagi kita untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, Bulan Ramadhan juga adalah kesempatan yang baik bagi kita untuk memohon ampunan pada Allah swt. Bahkan jika kita memanfaatkan Bulan Ramadhan ini dengan sangat baik, mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan melaksanakan ibadah dengan niat karena Allah, insya allah kita bisa menjadi seorang muslim yang seperti bayi yang baru lahir.

Baca juga : Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan

  • Bulan Ramadhan Menjadi Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur’an ini diturunkan di Bulan Ramadhan yang meskipun sejak diturunkannya hingga saat ini sudah berlalu cukup lama, namun keasliannya tetap terjaga. Bahkan saat Bulan Ramadhan kita juga dianjurkan untuk memperbanyak dan mendengarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an.

  • Bulan Ramadhan adalah Masa Dimana Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup dan Syetan Dibelenggu

Dengan keutamaan Bulan Ramadhan yang keempat ini, sudah pasti Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk kita lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.

  • Terdapat Malam Lailatul Qadr di Bulan Ramadhan

Jika Anda pernah mendengar tentang malam kemuliaan atau malam yang lebih baik dari 1000 bulan, Bulan Ramadhanlah yang dimaksud. Hal ini sering ditafsirkan sebagai 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan. Jika memang memungkinkan, sebaiknya kita memperbanyak iktikaf atau berdiam di masjid pada malam ganjil di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan ini.

Baca juga : Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Setidaknya itulah 5 keutamaan dari Bulan Ramadhan bagi umat muslim, dan sebenarnya masih banyak lagi keutamaan Bulan Ramadhan yang lainnya. Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi penambah wawasan Anda terutama tentang keutamaan Bulan Ramadhan. Wallahu a’lam bish showab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.