LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah Karakteristik dari Keluarga Samawa

Di dalam Islam, istilah keluarga samawa tentu bukanlah menjadi hal yang asing lagi. Sebuah keluarga yang benar-benar paham mengenai keluarga islami ini tentu saja akan selalu melakukan hal-hal sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, keluarga sakinah mawaddah warohmah adalah sebuah keluarga yang menjalani semua aktivitas keluarga dan juga cara bergaul dengan orang lain secara benar sesuai dengan tuntunan Islam.

Selain beragama, apa karakteristik lain dari keluarga yang satu ini? Agar anda dapatkan info yang lebih lengkap lagi, anda bisa simak ulasannya yang ada pada paragraf berikut.

Inilah Karakteristik dari Keluarga Samawa

Inilah Karakteristik dari Keluarga Samawa

Untuk karakteristik lain ialah mengenai bagaimana orang yang lebih tua dalam keluarga memperlakukan orang yang lebih muda. Di sini, orang yang lebih tua seperti orang tua dan juga anak tertua akan memperlakukan anggota keluarga yang lebih muda dengan cara menyayanginya. Sedangkan untuk anggota yang lebih muda ke anggota keluarga yang lebih tua, mereka akan menghormatinya. Kedua sikap yang tercermin dari anggota keluarga tersebut tentu saja akan membentuk sebuah keluarga sakinahmawadah warahmah.

Lalu, ada pun karakteristik lain yang tidak boleh dilupakan ialah kesederhanaan yang ditunjukkan. Sebuah keluarga yang termasuk dalam keluarga yang samawa, meskipun mereka memiliki uang yang lebih, mereka akan lebih cenderung untuk membelanjakan uang mereka secara sederhana atau tidak berlebihan. Justru orang tua akan selalu ajarkan anaknya untuk selalu menyedekahkan sebagian dari rezeki yang ada.

Selain itu, sebuah keluarga yang sakinah mawaddah dan juga warahmah akan lebih sering melakukan introspeksi. Hal ini dilakukan agar mereka tahu apakah sikap mereka terhadap anggota keluarga dan juga orang lain sudah sesuai dengan ajaran agama Islam atau belum. Dengan melakukan hal ini, arti keluarga samawa akan didapatkan yaitu anggota keluarganya tidak akan sering lakukan hal yang bersifat kesenangan duniawi saja.

Sikapnya terhadap lingkungan sekitar pun santun sehingga mereka tidak akan bersikap kasar atau tidak menyenangkan terhadap orang sekitar seperti kerabat dan juga tetangga. Lalu, apakah keluarga anda sudah memiliki karakteristik keluarga sakinah mawaddah warahmah?

Penulis : Tim AA

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.