LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah Hukum Asuransi Syariah yang Harus Anda Ketahui

Pada dasarnya Islam tidak melarang umatnya untuk memiliki asuransi. Asuransi ini tetap diperbolehkan dengan syarat dana yang telah terkumpul dikelola berdasarkan syariat islam. MUI sendiri kurang setuju dengan konsep asuransi konvensional tetapi memperbolehkan asuransi syariah, dimana perusahaan asuransi syariah ini dilarang menginvestasikan dana peserta asuransi pada hal-hal yang jelas diharamkan oleh syariat islam.

Asuransi syariah ini hadir sebagai akibat dari adanya pendapat bahwa asuransi konvensional adalah haram dengan alasan di dalam asuransi konvensional terkandung riba atau bunga, gharar atau ketidak jelasan serta maysir atau judi. Nah, karena asuransi syariah ini jelas berbeda dengan asuransi konvensional tersebut di atas sehingga bisa dikatakan bahwa praktek asuransi syariah tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam sama sekali dan hukum asuransi syariah adalah boleh.

Hukum Asuransi Syariah

Hukum Asuransi Syariah

Dasar Hukum Asuransi Syariah

Sedangkan dasar hukum asuransi syariah sendiri adalah al-Qur’an serta hadits nabi yang akan kami jabarkan di bawah ini:

  • Al-Qur’an

Memang tidak ayat al-Qur’an yang menyebutkan langsung istilah asuransi, tetapi perlu diketahui bahwa ada ayat yang menerangkan tentang konsep asuransi, diantaranya adalah:

  1. Perintah untuk mempersiapkan masa depan dan antisipasi atau perencanaan terhadap musibah, hal ini tercantum di dalam QS. An-Nisa’ ayat 9.
  2. Allah swt memerintahkan untuk saling tolong menolong serta bekerja sama yang tercantum di dalam QS. Al – Maidah ayat 2.
  3. Allah swt memerintahkan untuk saling melindungi dalam keadaan sulit atau susah yang tercantum dalam QS. Quraisy ayat 4

Baca juga : Tips Bisnis Sukses ala Rasulullah yang Sebaiknya Kita Teladani

  • Hadits

Rasulullah SAW sendiri bahkan sangat memperhatikan soal kehidupan yang akan datang dengan cara mempersiapkan bekalnya sedini mungkin. Selain itu, Rasulullah SAW memberikan tuntunan agar manusia bersikap waspada terhadap musibah ataupun kerugian yang bisa terjadi kapan saja, dan tidak hanya berserah diri kepada Allah swt saja.

Nah, hal tersebut sejalan dengan maksud dari asuransi dimana asuransi mewajibkan pesertanya untuk membayar premi sebagai tabungan dimana tabungan ini nantinya bisa dikembalikan pada ahli warisnya jika terjadi sesuatu yang merugikan seperti kematian atau kecelakaan.

Pandangan MUI Terhadap Asuransi Syariah

MUI memperbolehkan asuransi syariah dengan beberapa hal di bawah ini sebagai alasannya:

  1. Asuransi syariah adalah salah satu upaya untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi
  2. Asuransi syariah mengandung unsur tolong menolong diantara peserta asuransi
  3. Asuransi syariah juga mengandung unsur kebaikan
  4. Asuransi syariah akan membagi resiko serta keuntungan secara merata pada orang-orang yang terlibat di dalam investasi, dimana hal ini dinilainya cukup adil serta sesuai dengan syariat
  5. Asuransi syariah merupakan bagian dari muamalah karena pesertanya terlibat di dalam hubungan finansial, sehingga ini juga dianggap sebagai ikutt serta dalam menjalankan perintah agama
  6. MUI telah menegaskan akad yang digunakan dalam asuransi, yakni perikatan antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi. Akad ini sendiri di dalam asuransi syariah terdapat 3 jenis, antara lain:
  • Akad tijarah yang mengarah pada tujuan komersial
  • Akad tabarru’ yang ditujukan untuk tolong menolong dan kebajikan
  • Akad wakalah bil ujrah yakni akad dimana pihak peserta memberi kuasa pada pihak perusahaan asuransi dengan imbalan berupa ujrah atau fee

Baca juga : Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nah, itu dia hukum asuransi syariah dan pandangan MUI terhadap asuransi syariah. Dengan diperbolehkannya asuransi syariah oleh MUI ini Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk ikut memiliki asuransi demi melindungi Anda dan keluarga Anda. Semoga bermanfaat dan wallahu a’lam bish showab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.