Inilah Beberapa Tips Agar Aman Belanja di Tokopedia

Dulunya online shop hanya ditemui di situs khusus toko untuk berjualan, ataupun di media sosial Facebook serta instagram. Namun seiring perkembangannya, online shop hadir dalam bentuk marketplace atau situs e-commerce yang mana konsep online shop ini diyakini lebih aman, karena ada pihak ketiga (pihak marketplace yang bersangkutan) yang akan menerima pembayaran dari pembeli, dan setelah pembeli menerima barangnya, baru pihak ketiga ini meneruskan ke penjual. Dan salah satu marketplace terkemuka di Indonesia, adalah Tokopedia.

Berikut Adalah Tips Agar Aman Belanja Di Tokopedia

Menawarkan berbagai macam barang dari jutaan seller online shop di seluruh Indonesia, Tokopedia menjadi salah satu situs dan aplikasi marketplace favorit masyarakat Indonesia dan senantiasa memberikan promo-promo menarik. Meski disebut dengan marketplace, bukan berarti bahwa Tokopedia aman dari ulah oknum pemilik olshop abal-abal.

Tips Agar Aman Belanja Di Tokopedia

Tips Agar Aman Belanja Di Tokopedia

Sebagai konsumen, tentu kita harus cerdas dan waspada. Berikut kami bagikan informasi tentang beberapa tips agar aman belanja di Tokopedia:

  1. Jelajahi Dulu Profilnya.

Jika Anda menemukan toko dengan harga barang yang super murah, jauh di bawah harga pasarannya, maka sebaiknya Anda curiga. Pelajari terlebih dahulu profil online shop tersebut. Apakah ada di Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Pastikan Anda membeli barang di penjual yang rating reputasinya tinggi. Dengan demikian tentu lebih meyakinkan.

  1. Foto Atau Gambar Barang.

Sebenarnya ini bukanlah cara yang mudah dan bukan penentu apakah online shop tersebut dapat dipercaya atau tidak. Sebab beberapa online shop termasuk juga reseller dan dropshipper seringkali memakai foto produk yang bukan mereka sendiri yang memotretnya. Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya pastikan bahwa foto produk tersebut bukan hasil mencuri dari Google atau diedit atau Anda juga bisa meminta foto asli produk melalui chat dengan si penjual.

Tips agar aman belanja di Tokopedia selanjutnya ialah dengan berkomunikasi langsung dengan si penjual misalkan dengan layanan chat yang tersedia. Jika berbelanja di online shop yang terpercaya, biasanya mereka memberikan fasilitas untuk berinteraksi 2 arah seperti fasilitas telepon atau SMS, platform chatting seperti Line, BBM, Whatsapp dan sejenisnya atau bahkan bersedia untuk diajak transaksi secara COD.

Namun jika Anda berbelanja di Tokopedia, pastikan sebelum Anda melakukan pemesanan, lakukan komunikasi terlebih dahulu dengan si penjual. Anda bisa menanyakan masalah ukuran, warna, motif dan hal lain yang berkaitan dengan produk yang ia jual di Tokopedia sebagai bahan pertimbangan Anda menentukan pilihan

  1. Baca Review Customer Lain.

Tokopedia menyediakan kolom untuk diisi dengan review penjual maupun barang dari para customer yang sudah lebih dulu membeli barang di penjual tersebut. Jika lebih banyak review positif daripada review negatif, maka tidak ada salahnya Anda mencoba.

  1. Gunakan Metode Pembayaran Paling Mudah.

Setelah berbelanja dan akan melakukan pembayaran atas barang yang Anda pesan,  Anda menyetujuinya. Sistem ini dianggap paling aman dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.bisa menggunakan beberapa metode pembayaran, mulai dari ATM transfer, bank transfer hingga di minimarket konvensional. Pastikan Anda menggunakan metode pembayaran yang paling aman dan mudah untuk Anda.

Anda tak perlu khawatir, Tokopedia menggunakan sistem pembayaran rekening ketiga, sehingga sebelum Anda benar-benar menerima barang dan melakukan review, baik negatif maupun positif maka saldo Anda juga akan ‘tertahan’ di pihak ketiga, yakni Tokopedia. Dan baru benar-benar akan diteruskan ke si penjual setelah Anda

Baca juga : Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

Nah, demikian diatas beberapa tips agar belanja aman di Tokopedia atau toko Online lainnya. Agar lebih hemat saat belanja, jangan sia-siakan promo yang tersedia di Tokopedia, mulai dari free ongkir sampai diskon ataupun potongan harga.

Leave a Reply