Inilah Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Menikah

Tujuan menikah adalah membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah serta untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT. Menikah memang menjadi momen yang paling sakral dan kalau bisa, pastinya semua pasangan hanya ingin melaksanakan proses suci tersebut, sekali seumur hidupnya.

Nah, buat anda pasangan muda yang ingin melangsungkan pernikahan, kami ucapkan selamat, dan berikut ini kami akan bagikan informasi mengenai Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Menikah atau yang perlu persiapkan sebelum pernikahan tersebut berlangsung.

Persiapan Yang Harus di Lakukan Sebelum Menikah :

  1. Biaya pernikahan dan setelahnya

Diskusikan dengan pasangan anda bagaimana konsep pesta pernikahan yang di inginkan serta menghitung berapa besar anggaran yang di butuhkan untuk acara resepsi pernikahan.

Sebaiknya, pangkas biaya-biaya yang sekiranya tidak terlalu penting dan tidak perlu mengadakan pesta pernikahan yang terlalu mewah. Sesuaikan dengan budget yang ada karena hidup anda dan pasangan tidak hanya di hari pernikahan saja. Anda dan pasangan harus memikirkan berapa biaya hidup yang dibutuhkan setelah menikah nantinya.

Baca juga :Tips Mengatur Keuangan Keluarga Samawa

Inilah Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Menikah

Inilah Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Menikah

Rencana keuangan anda dan pasangan sesuai dengan kesepakatan untuk mengurangi masalah yang akan dihadapi ke depannya. Misalnya membuat kesepakatan menyimpan uang tabungan bersama atau terpisah, anggaran uang belanja tiap bulan dan sebagainya. Hal ini perlu didiskusikan untuk keamanan dan kenyamanan kehidupan rumah tangga ke depannya.

  1. Anak

Untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia, mendiskusikan soal anak sebaiknya dibicarakan dan direncanakan sejak awal. Kapan rencana kehamilan, ingin memiliki berapa anak serta pandangan lainnya terhadap anak yang nantinya akan melengkapi bahtera rumah tangga anda dan pasangan.

Baca  juga : Kiat Dan Tips Merencanakan Memiliki Momongan Setelah Menikah

  1. Karir dan keluarga

Pembicaraan jenjang karir sangat penting untuk didiskusikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah menikah. Terutama bagi wanita harus bisa membagi waktu antara karir dan keluarga karena wanita mempunyai tanggung jawab yang lebih dalam urusan soal rumah, mendidik anak serta melayani suami. Sedangkan suami bertanggung jawab untuk mencari nafkah. Nah, sebaiknya urusan pekerjaan dan rumah tangga didiskusikan dengan sangat hati-hati dan secara baik-baik serta saling bahu membahu agar terasa lebih ringan dalam menghadapinya.

  1. Pemahaman agama dan nilai-nilainya

Sebelum menikah, pandangan tentang agama dan nilai-nilai mengenai kehidupan dan moral biasanya akan sama antara anda dan pasangan. Tapi, untuk ke depannya anda harus mempertimbangkan bagaimana pendidikan serta agama yang akan anda ajarkan untuk anak-anak anda. Anda dan pasangan juga harus merencanakan bagaimana pendidikan agama yang akan diberikan untuk anak-anak anda.

Baca juga : Ciri-Ciri Keluarga yang Harmonis Dalam Agama Islam

Itulah penjelasan beberapa hal yang perlu anda dan pasangan diskusikan sebelum menikah, agar prosesi pernikahan berjalan lancar, dan kelak bisa membangun keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah seperti yang didambakan oleh semua pasangan yang sudah menikah.

Leave a Reply